PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Warna Cantik “Nasi Uduk Ungu dan Hijau” Khas Sukabumi Sangat Menarik Hati

09 May 2020

Dilihat : 461

Warna Cantik “Nasi Uduk Ungu dan Hijau” Khas Sukabumi Sangat Menarik Hati

Rumahkomunitas.com - Nasi uduk merupakan sebuah makanan yang memiliki banyak penggemar, hal ini dikarenakan rasa gurih dan lezat yang dihasilkan oleh nasi uduk. Sehingga nasi uduk mampu menarik minat banyak orang.

Nasi uduk pada umumnya berwarna putih, namun berbeda dengan nasi uduk yang berasal dari Sukabumi, pasalnya nasi uduk Sukabumi ini memiliki warna yang tidak umum yaitu warna ungu dan warna hijau. Ketika berkunjung ke Sukabumi pasti kamu akan menemui nasi uduk khas Sukabumi yaitu nasi uduk ungu dan hijau.

Namun yang menjadi ikon makanan khas Sukabumi ini bukanlah nasi uduk hijau, melainkan nasi uduk ungu. Hal ini karena masyarakat Sukabumi lebih sering membuat nasi uduk ungu dibandingkan dengan nasi uduk hijau.

Warna ungu dan warna hijau yang ada pada nasi uduk khas Sukabumi ini akan langsung menarik minat dari beberapa orang yang melihatnya. Nasi uduk yang berwarna ungu ini diolah dengan menggunakan ubi ungu, sedangkan nasi uduk hijau diolah dengan menggunakan bayam yang ditambah dengan sedikit cabai hijau. Nasi uduk ungu dan hijau akan sangat lezat jika disantap dengan menggunakan sambal terasi atau sambal tomat.

Untuk membuat nasi uduk ungu dan hijau tidaklah sulit Anda hanya membutuhkan bahan seperti beras, santan, daun salam, ubi ungu, daun bayam, cabai hijau dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Keunikan Uduk Ungu dan Hijau

Biasanya nasi uduk ungu dan nasi uduk hijau disajikan dengan tambahan lauk tempe, tahu, ayam goreng, telur dadar, lalapan dan sambal. Nasi uduk ungu memiliki rasa manis dan gurih. Berbeda dengan nasi uduk hijau, nasi uduk hijau memiliki rasa pedas dan gurih.

Rasa manis yang dihasilkan oleh nasi uduk ungu berasal dari ubi ungu yang bercampur dengan rasa gurih yang dihasilkan dari olahan bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat nasi uduk ungu. Sebelum membuat nasi uduk ungu, ubi ungu harus dihaluskan terlebih dahulu.

Nasi uduk ungu dan hijau khas Sukabumi ini menarik minat banyak wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi. Seperti kalimat berikut ini “belum pas rasanya jika berkunjung ke Sukabumi, namun tidak menikmati lezatnya nasi uduk ungu dan hijau”.

Nasi uduk ungu dan hijau adalah makanan yang sehat karena tidak menggunakan campuran bahan kimia dalam proses pembuatannya. Dibuat dengan bahan-bahan alami, nasi uduk ini sangat cocok bagi kamu yang terbiasa memakan makanan yang sehat.

Ternyata nasi uduk ungu dan hijau ini sering ditemukan pada resepsi pernikahan maupun acara syukuran di kota Sukabumi. Karena masyarakat Sukabumi sudah terbiasa membuat nasi uduk ungu dan hijau, sehingga setiap anggota keluarga yang hendak mengadakan resepsi pernikahan terkadang menggunakan nasi uduk ungu dan hijau sebagai tumpeng pada acara pernikahan atau syukuran.

Harga dan Lokasi Tempat Makan Nasi Uduk Ungu dan Hijau Terlezat

Di Sukabumi banyak sekali warung-warung makanan yang memiliki menu nasi uduk ungu dan hijau. Jadi jika kamu berada di Sukabumi, kamu akan sangat mudah untuk mendapatkan makanan khas Sukabumi ini di tempat makanan saat kamu menyusuri jalan di Sukabumi.

Salah satu tempat makan di Sukabumi yang menyajikan nasi uduk ungu dan hijau adalah “Mamih Ungu Resto”. Mamih Ungu Resto ini adalah tempat makan yang cukup terkenal di Sukabumi dan sering menjadi destinasi wisata kuliner para wisatawan untuk mencicipi nasi uduk ungu dan hijau khas Sukabumi.

Mamih Ungu Resto adalah tempat makan yang memulai usahanya di tahun 2007 dengan memberikan menu sajian sunda yang beraneka ragam dan tentunya makanan khas Sukabumi. Dan berlokasi di Jalan Brawijaya, No 16 Sukabumi.

Nasi uduk ungu dan nasi uduk hijau ditambah dengan lauk pauk lengkap dibanderol dengan harga Rp. 25.000 sedangkan paket standar dibanderol dengan harga sekitar Rp. 20.000-an.

Tempat makan di Mamih Ungu Resto ini cukup luas dan kamu bisa makan bersama dengan keluarga besar. Karena luasnya tempat makan ini, sehingga tempat makan ini sering menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi dan membawa banyak anggota keluarga.

Di tempat makan ini juga kamu bisa menyantap hidangan yang disajikan sembari mendengarkan alunan musik yang ada pada tempat makan ini. Alunan musik yang ada membuat pengunjung sangat menikmati suasana ketika berada di restoran ini.

Namun kamu tidak perlu khawatir jika tidak ingin menyantap nasi uduk ungu dan nasi uduk hijau karena di tempat makan ini disajikan banyak menu yang bisa kamu nikmati.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Sukabumi dan menikmati lezatnya nasi uduk ungu dan nasi uduk hijau. Pastinya kamu harus mencoba untuk mencicipinya ya. Karena nasi uduk ini memiliki rasa yang sangat lezat. Dan jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Sukabumi.

 

 


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355