PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Ultralight dan Gaya Hidup Minimalis

16 Jan 2021

Dilihat : 178

Ultralight dan Gaya Hidup Minimalis

Dalam artikel sebelumnya, Rumah Komunitas telah membahas sejarah singkat dari ultralight. Ultralight yang ada di dunia hiking,  mancing, hingga di dunia penerbangan. Secara sederhana, sebetulnya  ada 4 prinsip ultralight, yaitu light (ringan), simple (sederhana), multifunctional (multi fungsi), dan adequantely-durable (tahan lama).

Jika dihubungkan denghan kehidupan sehari-hari, ternyata konsep ultralight ini hampir mirip dengan gaya hidup minimalis. Minimalis adalah gaya hidup sederhana yang berorientasi pada kualitas dan mengesampingkan kuantitas. Sejauh ini salah satu prinsip dari minimalis yang paling utama adalah menghemat biaya dan tenaga untuk mendapatkan sesuatu. Prinsip lainnya ialah mengurangi jumlah barang yang digunakan sesuai manfaat dan kebutuhan.

Jadi, apa bisa konsep ultralight ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penunjang gaya hidup minimalis?

Jawabannya tentu bisa. Begini caranya :

1. Gunakan barang-barang yang ringan dan sederhana

Aktivitas sehari-hari yang sibuk dengan berbagai urusan tentu menguras energi. Hal ini akan diperparah jika barang yang kita gunakan selama beraktifitas itu memiliki beban yang berat. Maka penting untuk memilih barang dengan fungsi yang sama tapi bebannya lebih ringan, sehingga tenaga yang dikeluarkan bisa diminalisir.

https://www.rumahkomunitas.com/jaket-ultralight-hampang

Kalau di bidang fashion contohnya jaket Hampang dari Ultralight Series ini nih. Jaket yang aman dari hujan dan nyaman ketika dipakai di bawah terik, ini beratnya hanya 160gr. Selain ringan, jaket ini juga hemat ruang.

 

2. Pilih barang yang multifungsi

Jika setiap barang yang kita miliki hanya berfungsi untuk satu kebutuhan saja, maka bayangkan, untuk 5 kebutuhan kita memerlukan 5 barang bukan? Nah, di sinilah pentingnya kita memilih sebuah barang yang tidak hanya memiliki satu fungsi saja.

https://www.rumahkomunitas.com/jaket-anorak-ultralight-kiano

Contohnya jaket Kiano ini, kita bisa fungsikan sebagai jaket, bisa sebagai tas slempang, bisa juga jadi tas buat sepedahan. Jadi enggak butuh tiga barang kan?

 

3. Pilih barang yang tahan lama                                                                   

Terkadang, yang membuat kita boros itu bukan karena terlalu banyak membeli barang yang tidak perlu. Tetapi juga karena selalu memberi barang yang baru karena yang sebelumnya sudah rusak. Maka memilih barang yang berkualitas dan tahan lama ini menjadi penting.

dedlee30.blogspot.com

Dalam dunia fashion, salah satu pertimbangan dalam melihat kuat dan tahan lamanya suatu produk adalah dari materialnya. Contohnya dari bahan nylon ultralight atau gore-tex. Kedua bahan ini memiliki ketahanan dari abrasi, jamur, bahan kimia dan beban berat. Inilah yang menjadi alasan kenapa jaket-jaket outdoor tidak mudah rusak dan robek.

Jadi, mudah kan memulai dan membiasakan gaya hidup minimalis?


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6285722433332