PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Tempat yang Menawan Hati,  Danau Lait Kalimantan Barat

02 Jul 2020

Dilihat : 747

Tempat yang Menawan Hati,  Danau Lait Kalimantan Barat

Rumahkomunitas.com - Tanah Borneo memang menyimpan sejuta lukisan keindahan. Kondisi alam yang dimiliki oleh Kalimantan Barat ini masih sangat alami dan asri. Salah satu lukisan keindahan di Kalimantan Barat ini adalah Danau Lait. Keindahan alam yang dimiliki oleh Danau Lait membuat siapa pun yang mengunjungi danau ini dibuat kagum dan takjub. Pemandangan alamnya yang eksotis dan mempesona memang membuat para wisatawan betah berlama-lama singgah di Danau Lait.

Sumber : Instagram dian_bellaparagha

Jika kamu ingin melepas rasa penat karena padatnya aktivitas sehari-hari, maka kamu bisa mengunjungi danau ini. Rasa lelah yang kamu rasakan selama seminggu seakan sirna ketika kamu berkunjung ke Danau Lait. Kicauan burung, desiran angin, dan keheningan alam membuat kamu benar-benar akan menikmati waktu ketika berada di danau ini.

Keindahan Danau Lait

Danau lait merupakan danau tadah hujan yang memiliki luas areal kurang lebih mencapai 800 Ha, kedalaman yang dimiliki Danau Lait mencapai 4.5 meter. Di Danau Lait sering terjadi fenomena pasang surut yang ekstrim, hal ini adalah keunikan yang dimiliki oleh Danau Lait.

Sumber : Instagram @fransjepret

Di danau ini hidup ikan air tawar, diantaranya adalah Ikan Toman, Ikan Biawan dan masih banyak lagi. Tidak heran jika masyarakat sekitar Danau Lait memiliki pekerjaan utama sebagai nelayan ikan air tawar. Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, maka kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai spot terbaik untuk memancing.

Pada bulan-bulan tertentu antara bulan Februari hingga Juli atau pada musim penghujan biasanya Danau Lait memiliki debit air yang lebih tinggi. Pada bulan Agustus hingga Desember atau di musim kemarau debit air danau akan berkurang. Debit air danau yang berkurang membuat danau ini bisa dilalui sepeda motor. Di kawasan Danau Lait juga terdapat 12 gugusan pulau kecil yang memiliki banyak keanekaragaman hayati. Di sekeliling danau terdapat sebuah gunung, gunung tersebut adalah Gunung Lait dan Gunung Tiong Kandang. Hal ini membuat Danau Lait semakin menarik.

Aktivitas di Danau Lait

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas ketika berada di Danau Lait. Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah menyusuri danau dengan menggunakan perahu motor atau yang biasa disebut dengan sepit. Perahu motor ini adalah perahu yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Kamu bisa berkeliling dengan bebas di Danau Lait dengan menggunakan perahu motor milik warga sekitar.

Sumber : Instagram @thyadedy

Selain berkeliling dengan perahu motor, kamu juga bisa menikmati rindangnya pepohonan di kebun karet yang tersusun rapi. Kebun karet yang ada di sekitar Danau Lait merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai dengan keluarga, kamu bisa menggelar tikar sembari makan bersama dengan keluarga.

Bagi para hammocker, kebun karet ini merupakan tempat yang asik untuk bergelantungan dengan hammock sembari menghadap ke danau. Angin yang sepoi-sepoi akan membuat kamu semakin nyaman berada di tempat ini.

Dimana Sih Lokasi Danau Lait

Sumber : Instagram @depepea

Danau Lait tidak jauh dari Pontianak loh Guys. Danau ini terletak di Desa Subah. Kec. Tayan Hilir, Kab. Sanggau. Jika kamu ingin mengunjungi danau ini, maka kamu dapat pergi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Kamu bisa melintasi jalan Trans Kalimantan selama kurang lebih 1 hingga 1.5 dari Kota Pontianak.

Jika kamu belum pernah pergi ke Desa Subah, maka kamu dapat bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi tepat danau ini.

Danau Lait Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Akan lebih baik jika kamu mengunjungi Danau Lait bersama dengan keluarga atau kerabat karena danau ini cocok digunakan untuk wisata dengan keluarga. Perjalanan untuk menuju ke Danau Lait juga tidak membutuhkan tenaga yang ekstra seperti mendaki atau trekking. Dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2 kamu sudah bisa langsung sampai ke tepi Danau Lait. Kamu hanya akan menempuh perjalanan sejauh 80 kilometer dari Kota Pontianak.

Keindahan Danau Lait memang tidak akan bisa digambarkan oleh kata-kata. Kamu harus mengunjungi langsung danau ini untuk melihat keindahan alam yang ditawarkan oleh danau ini. Begitu kamu sampai ke lokasi wisata ini, kamu akan disambut dengan sejuknya udara di sekitar Danau Lait. Nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

Original Artikel Oktaviana Devi

Artikel Original Hanya Milik Wisato

Sumber : Wisato.id


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340