PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Solusi Cetak Sablon Satuan yang Unik dengan Metode Sablon DTF

01 Apr 2021

Dilihat : 147

Solusi Cetak Sablon Satuan yang Unik dengan Metode Sablon DTF

Apakah kamu familiar dengan istilah sablon DTF? Sablon DTF ini jadi solusi loh untuk kamu yang memiliki minat cetak sablon satuan. Bayangkan saja selama ini kalau kita ingin cetak sablon biasanya dibatasi oleh minimal pesanan kan? Bahkan untuk sablon komunitas/organisasi saja kalau jumlahnya dinilai kurang oleh jasa cetak sablon, permintaan kita ditolak atau harganya ditinggikn. Nah dengan adanya sablon DTF ini sekarang kta bisa cetak sablon satuan, tanpa minimum pesanan.

 

Apa itu sablon DTF?

DTF atau Digital Transfer Film adalah metode cetak sablon menggunakan printer DTF di atas kertas film yang ditabur dengan adhessive powder, yang nantinya cetakan sablon di kertas film tersebut bisa langsung ditempel pada media baik kaos maupun kain lainnya dengan bantuan mesin press. Proses yang instan dan sederhana inilah yang kemudian menjadi solusi untuk mencetak sablon satuan dengan banyaknya varian warna seperti tinta print pada umumnya.

 

Keunggulan Sablon DTF

Mesin sablon DTF yang baru ramai digunakan sejak pertengahan tahun 2020 ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :

1. Dapat mencetak gambar yang memuat detail kecil dan ragam warna dalam satu sablon (contohnya logo)

2. Hasil sablon bersifat elastis sehingga terhindar dari risiko sablon retak atau terkelupas setelah ditempel pada media kain

3. Bisa mencetak sablon full color dalam ukuran besar baik A3/A4 sehingga cocok untuk mencetak sablon pada bagian punggung jaket atau kaos

4. Hasil sablon tidak terlalu tebal dan memiliki permukaan yang halus yang membuat sablon tidak mengganggu kenamanan ketika digunakan

5. Proses cetak cepat sehingga bisa ditunggu beberapa menit saja bahkan untuk mencetak pada media kainnya hanya memerlukan waktu 10-15 detik saja

6. Dapat digunakan pada media kain apapun seperti cotton, taslan, nylon, polyester, kanvas, gore-tex, columbia dan kain tahan panas lainnya.

Rekomendasi Penggunaan Sablon DTF

Kemampuan metode sablon DTF yang bisa mencetak sablon satuan dengan cepat ini sangat direkomendasikan untuk beberapa kondisi sebagai berikut :

1. Ingin memliki pakaian dengan sablon unik yang tidak tersedia di pasaran sehingga kita harus memesan pakain dan sablonnya sendiri. Maka dengan metode sablon DTF kita hanya perlu menyiapkan gambar dalam format PNG atau TIF yang kemudian tinggal dikirim ke penyedia jasa print DTF.

2. Ingin uji coba sample produk pakaian dengan sablon gambar tertentu dengan kuantitas yang sedikit. Caranya sama dengan poin rekomendasi (1).

3. Tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyelesaikan cetak sablon, seperti ada event dan projek tertentu yang temponya kurang dari 14 hari.

4. Ingin mencetak sablon dengan ragam warna dan kualitas sablonnya tidak mudah rusak.

Itulah beberapa kondisi yang direkomendasikan untuk menggunakan sablon DTF.

Bagaimana Cara Sablon DTF?

Setelah kita tahu definisi, keunggulan dan peruntukan sablon DTF, lalu bagaimana sih sebetulnya teknis dari metode sablon DTF ini?

1. Gambar dalam format PNG akan dicetak menggunakan printer Digital Transfer Film pada kertas film menggunakan tinta vator DTF

2. Hasil cetakan pada kertas film tersebut kemudian dilumuri oleh adhesive powder (lem bubuk) yang kemudian dipanas oleh hotgun sehingga bubuk lem menempel rata pada bagian bawah cetakan

3. Hasil cetakan yang sudah menyatu dengan lem bubuk ini kemudian ditempelkan pada media kain yang ingin disablon

4. Lakukan pemanasan pada media kain yang ditempel hasil cetakan terbut menggunakan mesin press dengan suhu antara 150-170 derajat celcius selama 10-15 detik (durasi dan suhu disesuaikan dengan material kain).

Itu dia informasi mengenai sablon DTF yang perlu kita ketahui sehingga kita tidak kebingungan lagi kalau mau cetak sablon satuan ya kan?


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355