CLOSE PO PENGIRIMAN SEBELUM LEBARAN TGL. 3 APRIL 2024

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Singkat Cerita Tentang Ultralight

09 Jan 2021

Dilihat : 28693

Singkat Cerita Tentang Ultralight

Kamu tau apa itu ultralight?

Dalam kamus bahasa Inggris “Ul.tra.light : extremely light in mass or weight” atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘sangat ringan dalam massa dan berat’. Secara sederhana  dapat didefinisikan bahwa ultralight ini adalah konsep meminimalisir suatu massa atau berat benda menjadi sangat ringan.

Ultralight dalam berbagai aktivitas

Hiking

Source : www.cleverhiker.com

Dari sebuah buku yang berjudul Beyond Backpacking karya Ray Jardine diketahui bahwa dirinya sebagai backpacker melakukan perjalanan di Pacific Crest Trail (PCT). PCT ialah jalur pendakian dari Cascade hingga Sierra Nevada sepanjang 4.270 km. Ray berhasil menuntaskan perjalanan berbulan-bulannya hanya dengan membawa perlengkapan total hanya seberat 4,5 kg. Cerita inilah yang kemudian menginspirasi para pendaki atau backpacker untuk meminimalisir beban bawaannya.

 

Penerbangan

Source : Aviahistoria.com

Ultralight dalam penerbangan ialah menerbangkan pesawat ringan dengan jumlah kursi tunggal atau pun ganda dengan berat rata-rata dari pesawat ini hanya 450 kg. Di indonesia sendiri, pesawat ultralight pernah ada pada tahun 1980-an sebagai karya dari perancang pesawat Indonesia yaitu Suharto. Ia bekerja sama dengan Universitas Pancasila yang dengan berbagai percobaan berhasil membuat pesawat Ultralight Rajawali. Berbagai upaya yang dilakukannya ialah membuat pesawat tersebut seringan mungkin sehingga bisa mengudara dengan kapasitas tunggal.

 

Fishing

Source : unsplash.com

Selain di dua aktivitas tersebut, istilah ultralight ternyata digunakan juga dalam aktivitas memancing. Ternyata dalam dunia mancing mania, ultralight fishing ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Hal ini dimuat dalam buku Waterlog-UL-Spinning. Sederhananya dalam ultralight fishing ini berorientasi pada ringannya peralatan pancing yang digunakan.

Kira-kira, konsep ultralight ini bisa diaplikasikan dalam kegiatan apa lagi ya?


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6285722308622