PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Pesona Pantai Dengan Air Terjun : Pantai Banyu Tibo

26 Feb 2020

Dilihat : 555

Pesona Pantai Dengan Air Terjun : Pantai Banyu Tibo

Rumahkomunitas.com - Tidak aneh jika membicarakan tentang pantai yang pada umumnya memiliki bukit dan pasir. Namun siapa sangka bahwa salah satu pantai di Pacitan, Jawa Timur ini memiliki air terjun yang lokasinya tak jauh dari pantai. Meskipun hanya kecil namun adanya air terjun ini membuat pantai ini memiliki keunikan yang membuat pantai ini layak untuk dikunjungi. Pantai itu adalah Pantai Banyu Tibo di Pacitan, Jawa Timur.

Penasaran sama Pantai Banyu Tibo. Simak ulasanya di artikel berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Pantai Banyu Tibo

Sebelum membicarakan banyak hal mengenai pantai ini, kamu harus tahu dahulu bagaimana sejarah dari Pantai Banyu Tibo. Pantai ini dahulu adalah milik sebuah keluarga yang tempat tinggalnya tidak jauh dari kawasan pantai.

Keindahan yang ditawarkan Pantai Banyu Tibo membuat keluarga ini sepakat untuk membangun kawasan pantai sebagai kawasan objek wisata yang terbaik. Oleh karena itu disekitar pantai ini dibangun jalan yang tidak terlalu bagus, hal ini karena minim nya dana yang dimiliki keluarga pemilik Pantai Banyu Tibo.

Karena Pantai Banyu Tibo berada di perbatasan Pacitan dan Wonogiri, maka pemerintah kurang memberikan perhatian terhadap Pantai Banyu Tibo. Kurangnya perhatian membuat kawasan di sekitar pantai tidak memiliki banyak fasilitas.

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan. Lebih tepatnya pantai ini berada di sebelah barat Kabupaten Pacitan atau jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota pacitan.

Kamu dapat menempuh perjalanan menuju pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi yang akan memakan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota pacitan. Jika kamu dari arah Solo, maka waktu yang harus ditempuh untuk sampai di lokasi Pantai Banyu Tibo adalah kurang lebih 3 – 4 jam.

Perjalanan yang cukup melelahkan ini akan terbayar dengan keindahan dan pesona Pantai Banyu Tibo.

Rute Menuju Lokasi Pantai Banyu Tibo

Lokasi Pantai Banyu Tibo tidak jauh dari lokasi Pantai Watu Bale. Bagi beberapa pengunjung yang berasal dari dalam Kota Pacitan bisa bergerak ke bagian selatan dengan bantuan GPS.

Bagi kamu yang berasal dari Jawa Tengah dan ingin berkunjung ke Pantai Banyu Tibo, maka bisa mengambil rute dari Jalan Nasional III. Namun jika kamu berangkat dari daerah Jawa Barat, maka kamu bisa mengambil rute Tol Cipali, kemudian kamu bisa mengambil jalan ke Pantai Banyu Tibo dari pusat kota pacitan dengan jarak sekitar 40 kilometer.

Harga Tiket Pantai Banyu Tibo

Untuk masuk ke Pantai Banyu Tibo pada hari biasa kamu akan dikenakan biaya Rp. 3000,- untuk dewasa dan Rp. 2000,- untuk anak-anak. Namun jika hari libur kamu akan dikenakan biaya Rp. 5000,- untuk dewasa dan Rp. 3000,- untuk anak-anak.

Pantai Banyu Tibo ini sering disebut mirip dengan Pantai Banyunibo di Gunungkidul, padahal keduanya berbeda. Namun Pantai Banyunibo dan Banyu Tibo memang memiliki kemiripan karena keduanya sama-sama memiliki air terjun di dekat pantai.

Banyak wisatawan yang menyukai wisata air khusus nya pantai mungkin menjadikan Bali sebagai destinasi wisata favorit untuk mengunjungi pantai-pantai yang indah. Namun tahukah kamu, bahwa Gunungkidul dan Pacitan juga memiliki banyak pantai yang indah dan tidak kalah indahnya dengan Bali? Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik untuk mengunjungi pantai-pantai indah di Pacitan dan Gunungkidul?

 


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355