Komunitas

Merchandise

Artikel

Konfirmasi Pembayaran

Tentang Kami

Memaknai SEO untuk Website

02 May 2019

Dilihat : 96

Memaknai SEO untuk Website

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (Sumber)

Secara umum Fungsi dan Tujuan SEO (Search Engine Optimization) :

  1. Menaikkan pagerank Blog/Web agar blog/web menempati posisi di halaman utama google
  2. Meningkatkan popularitas blog/web
  3. Mendapatkan trafik atau pengunjung yang datang ke Blog/Web melalui Search Engine
  4. Dapat meningkatkan penjualan melalui Pencarian di Search Engine.

Sementara, Apa Manfaat SEO tersebut bagi Blog atau Web ?

  1. Dengan cara optimasi seo yang baik, web/blog anda akan menduduki peringkat pertama google
  2. Jika anda seorang Internet Marketing, bisnis anda sangat berpeluang meraih kesuksesan
  3. Bila pengunjung yang datang ke sebuah web/blog sudah banyak, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap potensi penghasilan dari web/ blog tersebut.

Namun disini bukan untuk membahas secara mendalam melainkan, memahami nilai dasar bagaimana Membangun SEO yang baik bagi sebuah website.

Dilihat dari tujuan dan manfaatnya seharusnya bagi yang memiliki pemikiran sederhana (diluar serangkaian teknik yang tentunya tidak bisa dianggap enteng), SEO baik bagi Google, Yahoo, Bing atau mesin pencari lainnya sangat sederhana. Jangan pernah berfikir untuk mengejar Kuantitas

Kenapa disini tidak dianjurkan mengejar kuantitas ? Karena jika terlalu berpatokan kepada Angka, akan menimbulkan kepuasan tak berujung. Bagi seorang Developer yang ditempatkan di bidang SEO, akan sangat mudah sekali. Dia hanya butuh 1 aplikasi yang dapat ‘mencuri’ informasi di website manapun untuk mengejar target 500 tulisan perhari. (wow, Fantastis bukan ?).

Esensi dari SEO sendiri adalah “Quality Content”. Kualitas disini diartikan Anda dapat memenuhi kebutuhan informasi Netizen. Hal terpenting kedua yang perlu Anda garis bawahi adalah, bagaimana caranya netizen ‘betah’ dan selalu ingat tentang Anda.

Contoh Sederhana, ketika Anda pergi ke warung dan bertanya tentang mie. Seringkali Anda diberi Mie merk “Indomie dari Indofood”, padahal banyak sekali macam-macam mie. Kecuali jika Anda membeli sesuai Merk “Mas beli Mie Sedap”. Sudah jelas akan diberi Mie merk Mie Sedap. Contoh kedua, ketika Anda ingat sepatu, merk yang pertama kali terlintas dikepala adalah “Nike” atau “Adidas”.

Sama halnya dengan dunia Online, ketika berfikir tentang satu hal, mengapa orang langsung merespon “Tanya saja mbah Google”. Atau ketika Seorang programmer bingung tentang Bahasa pemrograman, dia selalu mencari ke website StackOverflow.

Dari beberapa contoh diatas, sudah jelas dapat ditarik kesimpulan :

  1. SEO itu bukan Angka, tetapi didalamnya ada nilai.
  2. SEO itu Kalimat. Kalimat yang menarik dan membuat orang penasaran.
  3. SEO itu bukan jumlah yang dihasilkan, tetapi membuat orang selalu berdiam diri ‘disekitar-nya’, berkeliling karena tertarik dan penasaran. Sudah jelas orang tertarik karena berkualitas.”

So ? Apakah jumlah tulisan didalam website masih menjadi prioritas ? Jika Ya. Anda cukup membayar seorang developer untuk mencuri Informasi di berbagai website yang diinginkan, dengan begitu Website Anda tidak lebih dari sebuah mesin COPAS, bukan “Information Engine“.


Dapatkan informasi dan promo terbaik dari kami !

Logo Rumah Komunitas
Chat With 6285722433332