PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Mantap, 5 Makanan Khas Maluku Ini Bener - Bener Nagih

18 Mar 2020

Dilihat : 226

Mantap, 5 Makanan Khas Maluku Ini Bener - Bener Nagih

Siapa sih yang gak doyan makan? Semua orang juga suka makan kan? Untuk bertahan hidup tentunya semua orang membutuhkan makan. Makan sendiri memiliki peranan penting di dalam kehidupan. Kebutuhan manusia akan makanan membuat setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing.

Maluku merupakan salah satu daerah yang dikelilingi dengan perairan. Hal ini membuat sebagian besar makanan khas dari Maluku kebanyakan berbahan dasar ikan. Selain ikan makanan pokok masyarakat timur Indonesia adalah sagu, sehingga banyak makanan khas dari timur yang terbuat dari sagu.

Jika kamu sedang berkunjung ke Maluku, maka jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan khas Maluku. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Maluku yang bisa kamu coba.

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala Banda merupakan yang berasal dari kepulauan banda, Maluku. Masakan ini merupakan masakan yang paling diunggulkan oleh masyarakat Banda karena memiliki aroma yang dipercaya mampu menggugah selera makan. Hal ini menyebabkan masakan ini menjadi sebuah hidangan utama pada jamuan untuk tamu yang berkunjung ke Banda.

Yang istimewa dari makanan ini adalah rasa dari ikannya. Kuahnya memiliki kenikmatan yang kaya akan bumbu rempah sehingga dapat memberi rasa segar ketika kamu mencicipinya. Cita rasa dari pala ini membuat kuah ikan menjadi sangat lezat.

Ikan Komu Asar

Asar memiliki arti proses pengasapan. Ikan komu asar merupakan makanan yang berbahan dasar ikan dengan jenis komu / cakalang / tuna yang masih segar, kemudian dibersihkan dan diberi bumbu khas Maluku.

Ikan yang sudah diberi bumbu kemudian ditusuk dengan menggunakan bambu. Fungsi dari bambu sendiri adalah sebagai penopang ketika proses pengasapan dilakukan. Setelah dipasangi bambu ikan kemudian diasar. Kurang lebih proses pengasapannya akan memakan waktu satu jam.

Papeda

Papeda merupakan makanan yang berbahan dasar sagu. Papeda sendiri merupakan makanan khas daerah timur Indonesia. Papeda sendiri memiliki tekstur yang lengket, warnanya putih pucat dan sedikit pekat. Meskipun begitu manfaat dari papeda sangat baik bagi kesehatan jika dibandingkan dengan nasi. Papeda juga sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Di daerah timur, contohnya di Maluku dan Maluku Utara, papeda dijadikan untuk hidangan pokok pengganti nasi.

Sambal Colo - Colo

Sambal colo-colo merupakan sebuah makanan pendamping. Seperti halnya sambal pada umumnya, colo-colo juga tidak akan sempurna tanpa tambahan makanan. Makanan lain juga terasa kurang pas tanpa adanya colo-colo.

Colo-colo dibuat dengan menggunakan irisan cabe rawit, tomat muda, bawang merah, garam dan jeruk nipis. Pembuatan colo-colo pun cukup mudah dan sederhana. Semua bahan dicampur dan diberi air perasan jeruk nipis dan ditambah air hangat dan garam. Kecap manis diberikan sebagai tambahan. Kamu juga harus menyajikan makanan ini dengan kemangi. Colo - colo bisa dinikmati dengan menggunakan ubi rebus, nasi, ikan asar, ikan goreng dan papeda.

Suami

Makanan yang bernama Suami ini bukan merupakan pasangan suami isteri ya gaes. Namun makanan ini merupakan makanan khas dari Maluku yang terbuat dari ubi parut. Ya, makanan ini merupakan makanan turun temurun yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Usut punya usut, Suami terdiri dari 3 jenis yaitu Suami yang pake gula, kelapa yang setengah tua dan tidak emakai apa-apa.

Kalo kamu pergi ke Maluku, maka jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas ini. Makanan khas ini merupakan makanan yang sangat nikmat da tidak boleh kamu lewatkan saat kamu berkunjung ke Maluku.


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340