PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Kamu Harus Tahu : Inilah Kelebihan dan Perawatan Kain Crepe

25 Feb 2020

Dilihat : 13083

Kamu Harus Tahu : Inilah Kelebihan dan Perawatan Kain Crepe

Rumahkomunitas.com - Bahan kain crepe merupakan salah satu jenis kain yang memiliki tekstur yang mirip dengan kulit jeruk. Kata crepe berasal dari bahasa Perancis yaitu crinkle yang berarti mengerut. Jenis kain ini mulai diproduksi pada tahun 1911 silam, namun jumlah produksi kain crepe pada saat itu masih sangat sedikit.

Hal ini karena pembuatan kain crepe cukup sulit, harga bahan dasarnya juga sangat mahal dan beberapa pabrik garmen pada masa itu sangat menjaga resep rahasia untuk membuat kain crepe.

Kelebihan Kain Crepe

Kain crepe memiliki beberapa keunggulan, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain crepe.

Memiliki Tekstur yang Unik

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kain crepe adalah teksturnya yang unik seperti kulit jeruk. Hal ini menjadi ciri khas atau karakteristik dari kain crepe. Tekstur yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri untuk jenis kain ini.

Memiliki Sifat lembut dan Elastis

Jika kamu menyentuh kain crepe, maka pasti akan terasa lembut, kesat dan elastis, meskipun memiliki tekstur yang kasar namun sifat dari kain ini adalah lembut dan elastis, hal inilah yang membuat sebagian besar kaum hawa ingin merasakan kelembutan dan kenyamanan ketika menggunakan pakaian dengan jenis kain crepe.

Bahan Kain Adem

Penggunaan kain crepe sangat cocok untuk daerah tropis karena kain crepe mampu memberikan sensasi adem ketika dikenakan dan nyaman untuk digunakan. Aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu ketika kamu menggunakan bahan kain crepe, badan kamu tidak akan mudah berkeringat. Dijamin nyaman banget menggunakan pakaian dengan bahan crepe.

Memiliki Sifat Jatuh

Hampir semua kain crepe memiliki sifat lentur dan tidak kaku. Jadi ketika kamu menggunakan kain crepe sebagai pakaian sehari-hari, sifat jatuh dari kain crepe memiliki hasil yang bagus.

Cara Merawat Bahan Kain Crepe

Setelah mengetahui sekilas tentang kelebihan kain crepe, maka akan sangat kurang jika kamu belum mengetahui cara merawat kain crepe ini. Berikut ini adalah tips perawatan kain crepe, simak ya.

Pencucian Dengan Cara Manual

Bahan kain crepe yang memiliki sifat yang lembut mengharuskan kamu untuk mencuci kain ini secara manual. Kamu harus mencuci menggunakan tangan karena mungkin saja kain crepe akan rusak jika dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

jika terdapat noda yang membandel, maka kamu bisa membersihkan dengan air hangat atau menggosok dengan menggunakan spons karena membersihkan secara paksa dengan menggunakan sikat cucian akan merusak tekstur kain crepe.

Selain itu jangan merendam kain terlalu lama ya, karena akan merusak tekstur serat dari kain crepe.

Pilihlah Deterjen yang Sesuai

Kamu bisa memilih deterjen dengan menyesuaikan jenis dari kain crepe. Jika kain crepe berwarna putih, maka kamu bisa menambahkan dengan pemutih pakaian. Sebelum menggunakan pemutih ada baiknya kamu mengecek jenis kain apakah bisa ditambahkan dengan cairan pemutih.

Hal ini karena kandungan bahan kimia yang ada pada pemutih bisa membuat tekstur kain berubah menjadi kasar.

Tips Menjemur Kain Crepe

Setelah melakukan pencucian sebaiknya kain tidak diperas agar teksturnya tidak rusak. Ketika menjemur sebaiknya tidak terkena cahaya matahari langsung.

Menyetrika Kain Crepe

Hal penting yang harus pahami sebelum  menyetrika kain crepe adalah bahwa bahan kain crepe tidak tahan terhadap suhu yang panas. Jadi sebaiknya kamu menyetrika kain crepe dengan suhu yang sangat rendah. Jika terlalu panas kain crepe dapat meleleh atau bahkan bisa terbakar. Jadi kamu harus hati-hati ya dalam proses menyetrika kain crepe.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan pakaian dengan bahan kain crepe? Meskipun perawatannya tidak mudah namun hal ini sebanding dengan kenyamanan ketika menggunakan pakaian dari bahan kain crepe.

 


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340