PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Jenis Bahan Anti Air Yang Paling Bagus

28 May 2021

Dilihat : 54

Jenis Bahan Anti Air Yang Paling Bagus

Rumahkomunitas.com – Kualitas sebuah kain anti air memang tak hanya memiliki bahan dasar (benang) dengan kualitas baik  akan tetapi juga dari ketahanan terhadap air, bisanya bahan seperti ini bisa kita temukan dalam penggunaan kain untuk berdasarkan Jaket, Mantel atau Jas Hujan.

When is a garment waterproof? | GORE-TEX Brand

Namun kualitas terbaik dari kain berbahan anti air ini harus bisa menahan cairan masuk dalam lapisan pakaian, biasanya bahan kain yang bagus adalah bahan kain yang jika dipakai si pemakainya merasa nyaman danm juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga uap dari pengguna kain tersebut bisa keluar.

Biasanya kain yang berbahan anti air memiliki dua fungsi utamanya yakni:

  1. Menahan dan menolak kelembapan
  2. Tersedia sirkulasi udara atau uap pada tubuh

Bahan kain anti air atau biasa dikenal dengan WaterProof, yakni sebuah istilah yang biasa digunakan dalam dunia industri tekstil pada umumnya, jenis bahan ini memiliki daya tahan air yang bagus, biasanya memiliki kerapatan yang sangat tinggi sehingga kedap terhadap resapan air yang masuk kedalam kain.

Selain bahan kain Waterproof juga ada kain yang berbahan Water resistent, yakni sebuah bahan kain yang tidak sepenuhnya menahan cipratan air sampai pada batas tertentu, kemudian satu level diatas ini juga ada namanya water-repellent dengan memiliki sebuah fitur “hydrophobic ” yakni sebuah lapisan yang mampu membentuk air menjadi butiran-butiran seperti pada daun talas.

How to Restore the Durable Water Repellency of Your Raingear | GORE-TEX  Brand

Hydrophobic diklaim mampu meningkatkan kemampuan dari water resistent, dimana pada kondisi bahan kain terkena air maka mudah untuk disingkirkan dari bahan kain tersebut. maka dengan ini kemampuan dari water resistent menjadi lebih baik, fitur ini biasanya ditemukan pada sebuah produk jaket “riding wear”.

Proses Pembuatan Kain Anti Air:

Dalam sebuah proses pembuatan kain anti air ini bisanya dibagi menjadi dua bagian, yakni proses laminasi dan Coating, bisanya proses coating memiliki jenis kain berkualitas tinggi adalah Balon, sehingga kain memiliki sebuah proses coating balon, karena bisa digunakan dengan memiliki daya tahan air yang tinggi, untuk sementara lapisan coating hanya bersifat water resitent saja.

Kain anti air juga terdiri dari dua lapisan:

  1. Lapisan luar, dimana lapisan (kain permukaan) menggunakan sebuah bahan dasar nilon atau polyester, biasanya pada lapisan luar ini dirancang untuk menahan dan melindungi kain dari air hanya sementara saja, serta menjaga tampilan kain.
  2. Membran Laminasi atau Coating ini biasanya dibuat dengan bahan dasar Teflon (ePTFE) atau Polyurethane (PU), dirancang untuk menahan cipratan air, akan tetapi berfungsi untuk sirkulasi udara atau uap yang keluar dari suhu tubuh.
  3. Jaringan berlapis (A tri-coat-mesh) memiliki 3 lapis kain, 2 diantaranya untuk lapisan terpisah untuk melindungi membran yang terbuka dan untuk menambah kenyamanan, akan tetapi biasanya membran memiliki sirkulasi terbuka untuk udara.

Berikut Beberapa Jenis Bahan Anti Air  Terbaik:

  1. Kain GORE TEX
    Gore Tex merupakan sebuah bahan sekaligus sebuah merk teknologi bahan yang didesain khusus untuk kenyamanan dalam kegiatan dialam terbuka atau outdoor. Kain ini memiliki tahan air tinggi (Waterproof) namun kain jenis ini memiliki harga yang lebih mahal.
  2. Kain Taslan Balon
    Kain Taslan Balon memiliki bahan yang terbilang menarik dengan sebuah karakteristik permukaannya lembut, halus dan tidak terlalu tebal. Kain Taslan Balon dialamnya memiliki lapisan balon yang menyerupai bentuk karet yang memiliki fungsi menahan dingin dan air.
  3. Kain Columbia
    Kain Columbia merupakan salah satu alternatif dari kain GORE TEX dan Tasan Balon yang cukup langka namun dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Bahan Columbia ini memiliki karakteristik seperti Taslan Balon namun memiliki motif kotak-kotak dipermukaan bahannya
  4. Kain Parasut Balon
    Ini sedikit berbeda dengan kain parasut pada umumnya yang memiliki sifat water resistent, jenis kain Parasut Balon memiliki daya tahan air dengan dilengkapi Coating Balon. Jenis kain ini mudah menyerap keringat dan mudah dibersihkan, dan cepat kering.
  5. Kain Ripstop Balon
    Jenis Rispstop Balon memiliki desain kotak-kotak, yang hampir sama dengan kain ripstop pada umumnya, namun biasanya kain Ripstop ini memiliki warna ke abu-abuan transparan, kain ini biasanya ditemukan pada kegiatan tertentu seperti outdoor dan adventure yang digunakan pada mantel, jaket dan jas hujan.
  6. Kain Nylon Ultralight
    Jenis Kain Nylon Ultralight merupakan sebuah bahan yang mirip seperti parasut yang sangat tipis dengan karakteristik permukaannya lembut dan halus. Jenis bahan ini memiliki sifat anti air yang cukup baik sehingga cocok digunakan untuk berolahraga karena windbreaker dan digunakan saat hujan intensitas ringan

Seluruh jaket anti air yang diproduksi oleh Rumah Komunitas tentunya menggunakan bahan kain yang berkualitas tinggi seperti yang sudah disebutkan di atas, jadi... buat teman-teman yang mau custom order jaket waterproof terbaik buat sendiri ataupun buat instansi/komunitas bisa hubungi kami di WA/Telp : 0821-1657-9340.


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340