PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Eksplorasi Yang Seru Menyusuri Kawasan Gunung Ambawang

28 Jun 2020

Dilihat : 818

Eksplorasi Yang Seru Menyusuri Kawasan Gunung Ambawang

Rumahkomunitas.com - Beberapa objek wisata yang ada di Kalimantan Barat memang memiliki daya tarik tersendiri. Namun dibalik itu semua setiap tempat wisata pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun meskipun begitu kamu tidak boleh menilai sebuah objek wisata hanya dari apa kata orang, kamu harus menyaksikan secara langsung kondisi sebuah sebuah tempat wisata sebelum kamu memutuskan untuk menilai.

Sumber : Instagram @netriardiyati

Pesona keindahan alam yang akan kita bahas kali ini berasal dari Gunung Ambawang yang berada di Kota pontianak, Kalimantan Barat. Wisata ini termasuk ke dalam objek wisata yang cukup menantang. Kawasan wisata ini memiliki segudang hal unik yang tidak boleh kamu lewatkan. Kamu harus mendengar beberapa ulasan berikut ini agar lebih tertarik untuk berkunjung ke Gunung Ambawang. Mari kita ulas lebih jauh tentang wisata ini.

Sekilas Mengenai Gunung Ambawang

Gunung Ambawang merupakan sebuah gunung yang berada di sebelah selatan ibukota provinsi Kalimantan Barat, tepatnya gunung ini berada diĀ  Kota Pontianak. Gunung ini memiliki beberapa desa yaitu, Desa Ambawang dimana suku asli di pegunungan ini adalah suku dayak. Gunung Ambawang sebenarnya tidak layak dikatakan gunung karena ketinggiannya tidak mencapai 1000 meter. Karena persyaratan umum suatu bukit dikatakan sebagai gunung, ketinggiannya harus mencapai diatas 1000 meter.

Sumber : Instagram @ynniazora_458

Namun meskipun tidak layak dikatakan sebagai gunung, masyarakat sekitar tetap menyebut bukit ini dengan nama Gunung Ambawang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 700 - 850 meter, pada tahun 2000 Gunung Ambawang sempat diteliti dan ternyata di gunung ini terdapat minyak, namun minyak tersebut masih mentah dan masih membutuhkan proses yang sangat lama untuk digali.

Sumber : Instagram @kwardakalbarjaya

Gunung Ambawang ternyata juga merupakan gunung terpanjang pertama yang ada di Kubu Raya. Karena gunung ini sangat panjang, maka Gunung Ambawang memiliki beberapa tempat wisata yang indah, diantaranya adalah pedesaan asli Desa Ambawang, Air Terjun Wangkang, Pertambangan Tanah Merah, Batu Masjid yang merupakan sebuah batu besar yang diperkirakan ada sejak zaman purba, dan bongkahan batu unik lainnya.

Air Terjun Gunung Ambawang

Air Terjun Gunung Ambawang merupakan salah satu tempat wisata favorit yang harus kamu kunjungi ketika berada di Pontianak. Tempat wisata Air Terjun Ambawang ini memiliki ketinggian tidak lebih dari 5 meter.

Sumber : Instagram @ellramadhani972

Air Terjun Ambawang terlihat unik dan cantik dengan aliran airnya yang mengalir diantara bebatuan yang memiliki ukuran yang cukup besar. Air yang dimiliki air terjun ini juga sangat jernih dan bersih serta menyegarkan. Tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke air terjun yang berada di bukit ambawang ini.

Sumber : website travsharing.com

Ketika berada di lokasi air terjun ini kamu bisa merasakan sensasi shower yang alami, bahkan kamu akan menikmati derasnya air terjun yang mengalir di punggungmu, punggung akan terasa seperti di pijat refleksi.

Selain menikmati guyuran dari air terjun, kamu juga bisa berendam di kubangan air yang ada di bawah air terjun. Dijamin rasa lelah yang kamu rasakan selama mendaki di gunung akan terbayar lunas dengan keindahan air terjun ini.

Lokasi Gunung Ambawang

Air Terjun Ambawang ini terletak di Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat, lebih tepatnya di Desa Ambawang, Sei Bemban, Kubu.

Sumber : Grup Facebook Desa Ambawang

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, kamu harus mendaki Gunung Ambawang. Kamu akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa sampai di Air Terjun Bukit Ambawang.

Jam Buka dan Tiket Air Terjun Ambawang

Kamu bisa berkunjung kapan saja ke Air terjun Ambawang, karena wisata ini buka selama 24 jam setiap hari. Namun akan lebih baik jika kamu berkunjung pada pagi hari atau siang hari.

Kamu bisa berkunjung lebih awal, sehingga kamu akan lebih nyaman dalam berwisata. Karena akan sangat berbahaya menyusuri gunung ini pada malam hari.

Untuk memasuki kawasan wisata AIr Terjun Ambawang, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- / orang.

Kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5000,-. Kamu juga tidak akan menghabiskan banyak biaya untuk bisa berkunjung ke wisata Air Terjun Bukit Ambawang.

Akan lebih baik kalo kamu mendaki bersama teman-teman, karena jika kamu hanya berdua atau sendirian perjalanan menjadi tidak seru dan tidak menyenangkan. Jika kamu sudah tiba di lokasi wisata jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya ya Gaes. Salam semangat.

Original Artikel Oktaviana Devi

Artikel Original Hanya Milik Wisato

Sumber : Wisato.id


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355