PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Danau Sentarum, Danau Cantik di Kalimantan Barat

28 Jun 2020

Dilihat : 657

Danau Sentarum, Danau Cantik di Kalimantan Barat

Rumahkomunitas.com - Setiap tempat wisata pasti memiliki pesona yang membuat kita tertarik untuk menikmati keindahanya. Salah satu danau yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki keindahan yang tidak bisa diragukan lagi.

Tempat tersebut adalah Danau Sentarum. Danau Sentarum merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Keindahan alam di sekitar danau ini sungguh sangat indah.

Sumber : Instagram @jessica_khow

Danau Sentarum juga memiliki keunikan yaitu danau ini akan dipenuhi air selama sepuluh bulan sekali di setiap tahunnya dan akan mengering di dua bulan sisanya. Ketika air pada Danau Sentarum menyusut, maka danau ini seketika akan membentuk kolam-kolam kecil yang berisi ikan-ikan kecil pula.

Seputar Danau Sentarum

Ketika musim hujan tiba, maka danau ini bisa tergenang hingga 14 meter. Namun ketika musim kemarau tiba, maka panorama kontras yang akan terjadi pada danau ini, 80 persen wilayah Danau Sentarum akan menjadi kering. Ketika hal ini terjadi, maka masyarakat sekitar bisa dengan mudah memanen ikan-ikan di Danau Sentarum. Yang menjadi keunikan dari Danau Sentarum adalah wisatawan yang berkunjung akan menemukan flora dan fauna yang berbeda-beda di setiap anomali Danau Sentarum di setiap musim.

Sumber : Instagram @genpikapuashulu

Danau ini serupa dengan Rawa Pening yang berada di Ambarawa. Rawa Pening juga akan mengering di saat musim kemarau. Bahkan air Danau Sentarum ini bisa mengering hingga berubah menjadi savana. Maka masyarakat sekitar menggunakan danau ini sebagai tempat liga olahraga di saat musim kemarau.

Para nelayan pun bisa menangkap ikan dengan mudah pada saat musim kemarau.

Rute Untuk Menuju Ke Danau Sentarum

Bagi kamu yang ingin menyusuri Danau Sentarum, maka kamu harus memperhatikan waktu dan tenaga. Karena untuk mengelilingi danau ini tidak cukup dilakukan dalam waktu seminggu karena danau ini sangat luas.

Luas Danau Sentarum memang cukup besar yaitu lebih dari 1 juta hektar. Sebagian area danau juga berada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Saking luasnya danau ini, maka kamu bisa tersesat jika mengelilingi danau ini tanpa pemandu.

Bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi Danau Sentarum, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kurang lebih kamu akan menempuh perjalanan dengan waktu 14 jam. Perjalanan yang cukup lama ini bisa kamu tempuh dengan perjalanan darat atau air. Rute yang digunakan adalah melalui Pontianak - Sintang - Semitau.

Lalu setelah kamu tiba di Semitau, kamu harus menuju ke lokasi danau dengan menggunakan perahu motor jurusan Lanjak atau kamu bisa menggunakan jalur udara melalui rute Pontianak - Putussibau dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian dari Putussibau kamu harus menuju Nanga Suhaid dengan menggunakan longboat dengan waktu kurang lebih sekitar 7 jam.

Sering Diadakan Festival di Danau Sentarum

Keindahan alam yang ada di Danau Sentarum, budaya yang masih dipegang teguh oleh masyarakat sekitar danau serta kekayaan spesies endemik di Danau Sentarum membuka peluang danau ini untuk diperkenalkan kepada dunia. Maka dari itu, Festival Danau Sentarum sering menjadi festival tahunan yang mampu menarik 15 ribu wisatawan termasuk turis yang berasal dari Malaysia.

Sumber : Website lintaspapua.com

Berkenaan dengan hal ini, pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai fasilitas untuk para wisatawan mancanegara yang ingin menikmati keindahan Danau Sentarum. Salah satu fasilitas yang ada adalah Pos Lintas Batas Negara di Badau.  Festival yang diadakan di Danau Sentarum sering diramaikan dengan beberapa agenda. Beberapa agenda acara tersebut adalah parade perahu nasional, acara budaya, acara musik, minum madu khas Danau Sentarum dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Sebaiknya kamu mengunjungi Danau Sentarum pada musim penghujan untuk mendapatkan pemandangan yang indah dengan air yang melimpah. Karena jika kamu datang ke danau ini pada musim kemarau, maka air di danau ini akan surut dan menjadi kering. Pemandangan pada musim kemarau juga akan terlihat tidak indah, air akan terlihat kecoklatan dan udara sekitar pun menjadi panas.

Kamu juga sebaiknya tidak terlalu jauh masuk ke dalam wilayah Danau Sentarum, karena menurut pemerintah setempat orang yang berkunjung ke danau ini bisa tersesat. Hal ini karena danau ini sangat luas, jadi jika kamu ingin masuk lebih dalam sebaiknya kamu ditemani oleh penduduk setempat. Yang terakhir jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

Original Artikel Oktaviana Devi

Artikel Original Hanya Milik Wisato

Sumber : Wisato.id


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340