DISKON HINGGA 60% + EXTRA DISKON 10% UNTUK ORDER HARI INI

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Bulma CSS : Bulma Modern CSS Framework

20 Mar 2019

Dilihat : 16473

Bulma CSS : Bulma Modern CSS Framework

Apa itu Bulma ?


 

Hasil gambar untuk bulma css


Rumahkomunitas.com – Bulma adalah Modern CSS Framework yang berbasis Flex Box. Intinya Bulma merupakan salah satu responsive css framework yang di bangun dengan Ruby dan Jekyll tool yang dapat memudahkan dalam pembuatan tampilan sebuah web. Seperti Bootsrap, Bulma CSS ini membantu programmer dalam membuat tampilan website yang responsive dengan komponen – komponen yang telah disediakan, namun tidak termasuk JavaScript. Jadi untuk membuat sebuah event untuk sebuah komponen, kita perlu membuat fungsi javascript secara manual. Contoh untuk menampilkan yang mengembunyikan modal kita perlu membuat fungsi show hide dengan js, tidak seperti Bootstrap yang hanya perlu set class dan data-target.

Kelebihan Bulma CSS

Banyak sekali kelebihan dari framework ini. Nah sekarang coba bahas satu – satu kelebihan dari framework CSS Bulma :

Menggunakan Konsep Flexible Box

Hasil gambar untuk wallpaper responsive

FlexBox merupakan salah satu layout mode dimaksudkan untuk mengakomodasi ukuran layar yang berbeda dan perangkat tampilan yang berbeda. Nah konsep Flexible Box lah yang membuat Bulma CSS responsive atau dapat berjalan dengan baik walau ukurang layar berbeda. Untuk lebih jelasnya kalian bisa buka Flexible Box.

Dapat di Customize Dengan Mudah

Hasil gambar untuk customize website

Bulma CSS juga dapat di Customize lagi agar sesuai dengan keinginan kalian, seperti mengubah warna background default, mengganti warna font untuk title dan lain dengan mendefinikan variable yang ingin di rubah menggunakan SASS pada file variables.sass. Untuk nama nama viriablenya kalian bisa lihat di Dokumentasi Bulma.

Layout yang Bervariasi

Gambar terkait

Nah ini yang paling  suka, karena terkadang  perlu layout yang berbeda beda dalam satu page/web. Seperti Level Layout agar navbar lebih penuh, dan untuk Gallery menggunakan Tiles layout ( seperti Metro ) agar lebih keren.

Komponen dan Element yang cukup banyak

Hasil gambar untuk bulma component

Walau tidak sebanyak Bootstrap namun Komponen dan Element pada Bulma rasa cukup banyak. Untuk Komponen yang disediakan cukup umum digunakan oleh Developer Web seperti Navbar, Menu, Card, Dropdown dan lainnya.

Kekurangan Bulma CSS

Framework ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti belum disediakannya Javascript yang dapat mempercepat pembuatan Web, namun dengan belum disediakannya Javascript kita dapat mengurangi ketergantungan menggunakan fungsi jadi. Selain itu sangat sedikit tempalate yang disediakan/dibuat, mungkin karena Bulma CSS belum lama rilis jadi masih sedikit developer yang membuat template menggunakan Framework ini. ok sekian yang bisa  bahas mengenai Bulma CSS Framework ini. Bila ada yang salah mohon di koreksi hehehe…
 


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6285722308622