PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Bukit Mendale, Bukit Eksotis dan Menawan di Kayong Utara

27 Jun 2020

Dilihat : 185

Bukit Mendale, Bukit Eksotis dan Menawan di Kayong Utara

Rumahkomunitas.com - Keindahan alam yang akan kamu saksikan kali ini berasal dari sebuah bukit yang berada di Kayong Utara, Kalimantan Barat. Bukit tersebut bernama Bukit Mendale. Bukit Mendale ini masih tergolong wisata baru lho, namun meskipun begitu bukit ini memiliki banyak peminat.

Sumber : Instagram @putragilang_rmdhn

Pesona yang dimiliki Kayong Utara memang sangat beragam. Mulai dari Pantai Pulau Datok, Pantai Pasir Mayang dan beberapa destinasi wisata lainnya. Kamu akan dibuat kagum dengan beberapa wisata yang ada di Kayong Utara.

Beberapa wisata alam ini juga memiliki kondisi yang masih asri dan alami. Kondisi alam yang masih alami ini membuat beberapa tempat wisata di Kayong Utara terlihat sangat bersih dan terawat. Wisata alam yang berada di Kayong Utara ternyata juga belum banyak dijamah oleh beberapa wisatawan lho gaes.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Bukit Mendale.

Pemandangan Dari Bukit mendale

Bukit Mendale termasuk ke dalam salah satu wisata di Kayong Utara, Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi bukit ini berada di Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadana. Bukit Mendale ini memiliki ketinggian mencaoai 320 mdpl.

Sumber : Instagram @kayonginformasi

Kamu membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan jika ingin mencapai puncak. Bukit ini tidak terlalu tinggi, namun bukit ini terkenal dengan jalur tracking yang cukup berat. Kamu akan melewati jalan setapak yang terjal, bebatuan yang licin, akar-akar pohon yang sangat keras dan dua buah bukit dalam perjalanan menuju ke puncak.

Rasa lelah yang kamu rasakan akan terbayar dengan pesona keindahan Bukit mendale. Ketika kamu sampai di puncak, kamu dapat melihat keindahan alam yang bisa kamu saksikan dari Bukit Mendale. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Palung yang sangat perkasa dengan garis pantai yang berkelok. Hamparan laut dan susunan bangunan dari Kota Sukadana akan membuat kamu berdecak kagum akan keindahan alam yang akan kamu saksikan.

Sumber : Instagram @sidiqnurhasan

Ketika kamu menikmati keindahan alam dari Bukit Mendale pada malam hari, maka kamu bisa menyaksikan keindahan gemerlap lampu Kota Sukadana yang sangat indah. Saat kamu berada di puncak, tepatnya di sebuah batu besar pada Bukit mendale, maka pemandangan akan terlihat semakin jelas dan kamu bisa menikmati keindahannya.

Biasanya beberapa pengunjung Bukit Mendale sering bermalam dengan membuat tenda untuk bisa menikmati keindahan matahari terbit pada pagi hari yang muncul di belakang gunung palung.

Kemajuan Bukit Mendale

Bukit Mendale berada di Desa Gunung 9, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Bukit Mendale saat ini sudah mengalami beberapa kemajuan baik dari segi infrastruktur, akses jalan dan lain-lain. Sepertinya masyarakat yang tinggal di sekitar Bukit Mendale paham bahwa bukit ini cukup memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata dan dapat membantu perekonomian mereka.

Sumber : Instagram @sispalatapal

Maka dari itu pemerintah selalu melakukan perbaikan pada Bukit Mendale agar wisata ini semakin menarik minat banyak wisatawan. Tujuan dari perbaikan adalah agar wisatawan bisa berkunjung dengan mudah ke bukit ini.

Rangkong di Bukit Mendale

Kamu bisa melihat salah satu burung langka yaitu Rangkong Paruh Kuning atau Enggan Gading. Burung Rangkong merupakan salah satu burung yang dilindungi di Kayong Utara. Burung ini biasanya barmain-main di udara dan sesekali hinggap pada pepohonan pada waktu petang dan subuh. Jika kamu beruntung maka kamu bisa menyaksikan keindahan bukit beserta dengan salah satu burung langka ini yaitu Rangkong.

Sumber : Instagram @rissyafitrii

Kamu harus tahu kalo burung langka ini melintas pada sore hari ketika matahari akan terbenam dan ketika subuh saat matahari akan timbul.

Kesimpulan

Jangan lupa menggunakan sepatu dan jaket yang tebal ketika kamu hendak menuju puncak dari Bukit Mendale. Medan yang akan kamu tempuh untuk mencapai puncak cukup sulit lho Gaes. Kemungkinan akan terdapat tanaman dan semak belukar yang berbahaya, jadi kamu harus memakai perlindungan jika ingin mendaki hingga ke puncak.

Kamu tidak boleh melewatkan keindahan alam yang dihadirkan oleh Bukit Mendale, Kayong Utara. Keindahan alam yang diciptakan Tuhan harus kita nikmati dengan bijaksana. Jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya.


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355