PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Apa Sih Masker N95 ? Ini Dia Manfaat Masker N95 Untuk Mencegah Virus Corona

03 May 2020

Dilihat : 334

Apa Sih Masker N95 ? Ini Dia Manfaat Masker N95 Untuk Mencegah Virus Corona

Rumahkomunitas.com - Masker merupakan sebuah pelindung yang digunakan untuk menutupi bagian mulut dan hidung. Sebenarnya fungsi utama masker adalah mencegah penularan penyakit, namun terkadang masker juga sering digunakan untuk melindungi seseorang dari asap kendaraan motor yang terkadang tidak sengaja terhirup.

Penyebaran virus corona saat ini tengah menjadi viral di kalangan masyarakat Indonesia. Virus corona seakan menjadi momok yang menyeramkan bagi banyak orang. Tidak heran jika saat ini terdapat banyak cara yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Masker merupakan pilihan yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk mencegah penularan virus corona. Tidak heran jika saat ini kamu menemukan banyak orang yang menggunakan masker ketika berada di luar ruangan.

Memang terdapat banyak jenis masker, namun tidak semua masker bisa berguna untuk mencegah penularan virus corona. Salah satu masker yang disarankan untuk mencegah virus corona adalah masker N95. Meskipun memiliki harga yang lebih tinggi dari masker biasa, namun masker N95 memiliki banyak kelebihan dibandingkan masker biasa.

Siapa Sih, yang Disarankan Untuk Menggunakan Masker N95?

Masker N95 dirancang untuk digunakan oleh seseorang yang sering terpapar dengan polusi udara, begitu pula bagi sebagian orang yang tinggal di wilayah yang sering terpapar kabut asap. Jika kamu berada di wilayah tersebut, maka sebaiknya kamu menggunakan masker N95.

Masker ini juga dirancang bagi kalian para pekerja lapangan yang rentan terkena paparan debu atau partikel kecil dan halus di lingkungan kerja. Jenis masker ini juga sangat disarankan bagi para penderita influenza, namun tidak boleh digunakan untuk penderita yang mengalami gangguan pernapasan.

Perlu kamu ketahui bahwa masker ini tidak dirancang untuk anak -anak atau bagi kamu yang memiliki banyak rambut di wajah. Pasalnya masker ini tidak akan dapat menutupi wajah dengan sempurna, sehingga partikel-partikel kecil tetap bisa menembus.

Biasanya yang menggunakan masker respirator akan sedikit sulit bernapas. Maka dari itu, masker anti polusi ini sangat tidak disarankan untuk orang yang memiliki masalah pada pernapasan seperti emfisema, asma, jantung atau kondisi medis lainnya yang membuat kamu susah bernapas.

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit tersebut sebaiknya tidak menggunakan masker N95. Atau lebih baik kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengetahui alternatif lain selain menggunakan masker respirator ini.

Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Masker N95

Maskr N95 dibuat dengan menggunakan banyak lapisan filtrasi. Masker dengan tipe ini juga memiliki katup yang berfungsi untuk keluar masuknya udara yang dihirup dan dihembuskan oleh pengguna masker dan dapat mencegah kelembapan yang terperangkap di dalam masker N95. Masker ini juga dilengkapi dengan lapisan karbon aktif tambahan.

Masker N95 juga dilapisi dengan serat mikro dengan teknologi elektrostatik yang berfungsi untuk memfasilitasi pergerakan udara di dalam masker, sehingga masker ini akan tetap adem dan nyaman untuk digunakan. Beberapa produsen masker jenis ini juga memberikan bantalan dan klip hidung yang bisa kamu sesuaikan agar masker dapat menutupi area hidung dan mulut dengan pas.

Kualitas, sertifikasi dan regulasi dari masker N95 sudah diatur oleh Centers for Disease Control an Prevention (CDC). Hal ini untuk memastikan bahwa masker ini benar-benar memberikan perlindungan bagi pengguna masker.

Bagaimana Sih Cara Menggunakan Masker N95?

Sebagian orang mungkin tidak menggunakan masker ini dengan benar, sehingga manfaat dari masker ini sebagai pelindung menjadi berkurang. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menggunakan masker N95 dengan benar.

·         Masker harus menutupi semua bagian hidung dan mulut.

·         Yang terpenting kamu tidak boleh menggunakan masker dalam keadaan longgar. Kamu bisa mengencangkan tali masker agar pas di wajah.

·         Penggunaan masker mungkin tidak akan berfungsi dengan baik pada orang yang memiliki janggut. Karena janggut akan menghalangi penggunaan masker dan masker tidak bisa menutup seluruh area hidung dan mulut.

·         Kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memakai masker agar lebih steril.

Pastikan kamu sudah memasang masker dengan pas dan kencang. Masker harus menutupi seluruh bagian mulut dan hidung dengan sempurna.

Cek, Apakah Masker N95 Sudah Digunakan Dengan Benar

Jika kamu bertanya-tanya tentang penggunaan masker N95. Apakah masker sudah kamu gunakan dengan baik, maka kamu harus melakukan pengecekan dengan cara berikut.

·         Setelah menggunakan masker dengan langkah-langkah yang benar, maka kamu harus menempelkan kedua tangan di atas masker. Namun jangan terlalu menekan masker.

·         Lalu tarik napas dalam-dalam.

·         Jika seluruh permukaan masker sudah ditarik ke area wajah, maka ini berarti kamu sudah menghirup udara yang terperangkap di antara wajah dan lapisan masker, sudah bukan udara dari luar lagi. Ini berarti kamu sudah menggunakan masker dengan baik.

·         Sebaliknya, jika permukaan masker tidak mengatup ke arah wajah, maka bisa jadi kamu belum menggunakannya dengan baik. Maka kamu harus mengulangi kembali cara pakai masker N95 agar terpasang dengan sempurna.

Kamu harus segera melepas masker apabila sewaktu-waktu kamu mengalami sakit kepala, mual, atau pusing ketika menggunakan masker. Kemudian kamu harus mencari udara segar dan hiruplah udara tersebut.

Kapan Kamu Harus Mengganti Masker N95

Masker N95 harus diganti setiap delapan jam sekali agar masker ini tetap berfungsi dengan baik dan optimal. Jika masker sudah mulai robek, basah, kotor atau cacat pada bagian dalam, maka berarti kamu harus seger membuang masker dan minta ganti dengan yang baru.

Kamu perlu mengingat bahwa masker respirator ini adalah jenis masker yang dipakai hanya sekali dan tidak dapat dicuci ulang seperti masker yang lain.

Kamu bisa membuang masker respirator dengan cara membungkusnya dengan plastik, lalu buang ke tempat sampah.

Setelah itu jangan lupa untuk segera mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri dan kuman.

Manfaat Masker N95 Mampu Menyaring Partikel Kecil di Bawah 10 PM

Masker N95 digunakan untuk pengendalian terhadap infeksi. Jika kamu menggunakan dengan benar, maka masker ini bisa membantu memblok partikel udara hingga mencapai 0.3 mikron yang mungkin saja mengandung kuman berupa virus dan bakteri.

Masker ini juga bisa menjaga mulut dan hidung dari serangan bakteri dan virus yang bercampur di dalam partikel udara. Masker N95 dapat membantu mengurangi paparan air liur dari pernapasan orang lain. Kamu bisa menggunakan masker ini untuk mencegah terinfeksi virus corona.

Untuk mencegah tertular penyakit yang berasal dari virus atau bakteri, maka kamu sebaiknya menggunakan masker sebagai pelindung. Kamu bisa menggunakan masker untuk mencegah virus corona. Namun selain menggunakan masker, kamu juga bisa mengkonsumsi jahe untuk mencegah tertular virus corona. Karena zat yang terkandung di dalam jahe mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

 


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340