DISKON HINGGA 60% + EXTRA DISKON 10% UNTUK ORDER HARI INI

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Apa itu GraphQL ? : Mengenal GraphQL dan Fungsinya

20 Mar 2019

Dilihat : 14842

Apa itu GraphQL ? : Mengenal GraphQL dan Fungsinya

Apa itu GraphQL ?

Menurut beberapa situs termasuk GraphQL.org, GraphQL adalah sebuah bahasa kueri untuk API dan runtime untuk memenuhi kueri tersebut dengan data yang ada, dengan deskripsi data yang lengkap dan mudah dimengerti, yang memungkinkan klien meminta data sesuai yang mereka butuhkan dan tidak berlebihan.
GraphQL hampir mirip dengan API namun dengan konsep baru yang membuat kita lebih leluasa untuk mendapatkan data yang kita inginkan. Tidak seperti API yang terkadang memberikan data yang kita tidak butuhkan dan dapat memperlambat proses pengambilan data.
Contohnya saat kita hanya membutuhkan data user dengan field nama, dan email saja, terkadang API memberikan seluruh field yang telah di setting di backend. Namun dengan GraphQL data yang akan diberikan hanya data user dengan field nama dan email saja.
Oh ya hampir lupa, GraphQL merupakan bahasa query yang di kembangkan oleh Facebook. Dengan tujuan mempermudah komunikasi data antara backend dengan frontend atau dengan aplikasi mobile.

Apa Fungsi GraphQL ?

Seperti penjelasan di atas, fungsi GraphQL itu sebagai Data Interface seperti Rest API yang memiliki beberapa kelebihan seperti :

Mintalah apa yang anda butuhkan, dan dapatkan persis seperti itu

Maksudnya, dengan GraphQL kalian dengan sesuka hati menentukan data apa saja yang dibutuhkan tidak lebih dan tidak kurang.

Dapatkan banyak sumber dalam satu permintaan

Dengan GraphQL kalian hanya perlu me-request satu kali untuk mendapatkan data yang berelasi/berhubungan, yang membuat proses pengambilan data lebih cepat walau pada koneksi lambat.

Memberikan hanya apa yang mungkin

Types dan Fiels pada GraphQL memastikan apps hanya meminta apa saja yang memungkinkan dan memberikan pesan error yang jelas dan mudah dipahami.

Mengembangkan API tanpa merubah versi

Kita dapat menambah atau merubah fields tanpa harus merubah Query yang ada. Artinya dengan menggunakan versi yang terus berkembang, API GraphQL dapat memberi aplikasi akses terus menerus ke fitur yang lebih baru dan mendorong kode yang lebih bersih dan mudah dipelihara.

Berjalan dibanyak bahasa pemprogramman

Nah ini yang terpenting, GraphQL bisa berjalan di berbagai macam bahasa pemprograman, mulai dari JavaScript, PHP, C#/.NET, Ruby, Python dan masih banyak yang lainnya. Untuk bahanya yang suport bisa di lihat di Code GraphQL.


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355