PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Air Terjun Riam Merasap, Miniatur dari Niagara Amerika Serikat

25 Jun 2020

Dilihat : 151

Air Terjun Riam Merasap, Miniatur dari Niagara Amerika Serikat

Rumahkomunitas.com - Indahnya alam yang Tuhan ciptakan memang tidak ada habisnya. Seolah kita dibuat kehabisan kata untuk menggambarkan keindahan alam yang Tuhan ciptakan. Tentu setiap manusia membutuhkan sentuhan alam untuk menyegarkan pikiran yang sudah penat terhadap padatnya aktivitas sehari-hari

Sumber : Instagram @gemuruh_sukma

Pontianak tidak hanya terkenal dengan sungai kapuas yang sudah lama menjadi ikon di Kalimantan Barat. Namun ternyata Kalimantan Barat juga memiliki beberapa wisata alam berupa air terjun. Salah satu air terjun yang sering menjadi incaran para wisatawan adalah Air Terjun Riam Merasap.

Banyak yang berkata bahwa air terjun ini mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 20 meter dan memiliki lebar 8 meter, air terjun ini memiliki keunikan yaitu curahan airnya yang seperti tirai.

Daripada dibuat semakin penasaran dengan air terjun yang satu ini, maka mari kita bahas lebih lanjut tentang Air Terjun Riam Meresap. Simak ulasan berikut ini ya.

"Air Terjun Riam Merasap"

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Riam Merasap karena air terjun ini memilik aliran air yang deras sehingga menimbulkan kabut asap yang dingin. Percikan air terjun yang jatuh membuat air terjun ini dinamakan "Air Terjun Riam Merasap".

Sumber : Instagram @hudatiket

Selain menjadi objek wisata, air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk menyediakan kebutuhan akan listrik untuk masyarakat sekitar. Tak heran jika banyak yang berkata air terjun ini merupakan miniatur air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat.

Sebagai tempat wisata, air terjun ini sudah cukup memiliki banyak fasilitas seperti tempat penginapan berupa vila dan hotel, toko sovenir, kawasan offroad, arung jeram serta budidaya keramba.

Lokasi Air Terjun Niagara

Air Terjun Riam Merasap ini berada di Desa Sahan, Kec.Seluas, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat. Dari Kota Bengkayang, air terjun ini berjarak kurang lebih sejauh 17 kilometer, 130 kilometer jika dari kota Singkawang dan 300 kilometer dari Kota Pontianak.

Sumber : Instagram @manja_av227

Kamu bisa menggunakan motor atau mobil untuk mengunjungi desa yang dekat dengan air terjun, kemudian setelah itu kamu harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer hingga sampai ke lokasi Air Terjun Riam Merasap.

Rute Untuk Menuju Air Terjun Riam Merasap

Untuk dapat menuju air terjun ini tidaklah mudah dan sedikit menantang. Kamu dapat menuju air terjun ini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika kamu menuju lokasi wisata ini dengan menggunakan bus, maka kamu akan bisa menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 8 jam.

Sumber : Instagram @pesonaairterjunindonesia

Dari Pontianak kamu harus menuju Anjungan, kemudian ke arah Toho, Karangan, Bengkayang dan yang terakhir kamu harus menuju ke Sanggau Ledo.

Kamu harus berhati-hati di dalam perjalanan menuju ke lokasi air terjun. Karena jalan yang akan kamu lalui sedikit terjal dan licin. Pada rute awal menuju lokasi kamu akan menemui kondisi jalan yang bagus.

Namun meskipun kondisinya bagus, jalan yang sempit membuat kamu harus berhati-hati di dalam perjalanan. Karena jalur ini melalui perkampungan jadi kemungkinan akan banyak binatang yang berkeliaran di sekitar jalan. Terutama jika kamu berangkat dari anjungan ke bengkayang, maka kamu akan menemui banyak binatang di jalan-jalan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Lokasi Wisata

Kamu bisa menikmati keindahan alam di lokasi air terjun ini dari pukul 09.00 hingga pukul 16.30. Jam buka yang cukup lama membuat kamu bisa bermain dengan puas di Air Terjun Riam Merasap ini.

Sumber : Instagram @pesonaairterjunindonesia

Pengunjung yang berkunjung ke air terjun ini tidak membutuhkan tiket masuk. Kamu boleh bermain sepuasnya di air terjun ini tanpa biaya tiket masuk. Sebaiknya kamu meminta izin dengan sopan kepda warga yang berada di sekitar air terjun.

Kamu juga tidak akan dikenakan biaya parkir di lokasi wisata ini. Dengan banyaknya Jumlah pengunjung, maka tidak menutup kemungkinan akan ada tiket masuk untuk menuju ke lokasi wisata ini.

Bagaimana pendapat kamu setelah membaca ulasan tentang Air Terjun Riam Merasap? Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata ini, maka jadikan wisata ini sebagai salah satu destinasi wisata untuk kamu kunjungi di Pontianak. Nikmati keindahanya dan abadikan momennya.

Original Artikel Oktaviana Devi

Artikel Original Hanya Milik Wisato

Sumber : Wisato.id


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340