PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Air Terjun Pancur Aji, Saksi Sejarah Kerajaan Sanggau

25 Jun 2020

Dilihat : 368

Air Terjun Pancur Aji, Saksi Sejarah Kerajaan Sanggau

Rumahkomunitas.com - Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi yang kaya akan budaya maupun wisata alam. beberapa wisata banyak ditemukan di Kalimantan Barat, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Pokoknya kamu gak akan nyesel kalo mendatangi salah satu wisata di Kalimantan Barat.

Masing-masing tempat wisata ini memiliki keunikan sendiri-sendiri. Kamu bisa membuktikannya dengan mengunjungi beberapa wisata yang ada di Kalimantan Barat. Suasana di sekitar lokasi wisata di Kalimantan Barat ini dijamin bakalan ngebikin kamu pengen berkunjung lagi ke salah satu objek wisata ini.

Sumber : Instagram @amazingborneo.id

Di Kalimantan Barat juga terdapat wisata pantai yang tidak kalah menarik dengan beberapa pantai yang ada di seluruh daerah di Indonesia. kamu akan menemukan juga keberagaman satwa, fauna dan flora di beberapa taman nasional yang ada di Kalimantan Barat.

Salah satu wisata yang akan kita bahas kali ini adalah Air Terjun Pancur Aji. Air terjun ini terletak di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Mari kita bahas lebih mendalam mengenai air terjun ini.

Air Terjun Pancur Aji Yang Menawan

Air Terjun Pancur Aji merupakan salah satu objek wisata air terjun yang ada di kawasan perbukitan. Air terjun ini terletak di pinggiran teluk Sungai Kapuas, letak pastinya berada di bagian hilir / pesisir barat Kota Sanggau. Air terjun ini juga diapit oleh dua buah anak sungai lho Gaes, sungai tersebut adalah Sungai Mawang di bagian hulu dan Sungai Monga di bagian hilir, kedua sungai bermuara ke Sungai Kapuas.

Sumber : Instagram @andrytantyo

Air Terjun Pancur Aji menawarkan pemandangan air terjun yang masih alami dan asri. Air terjun khas pegunungan ini memiliki udara yang segar sehingga air terjun ini memiliki banyak peminat. Air terjun ini juga jauh dari suasana hiruk pikuk kendaraan dan jauh dari polusi.

Dinginnya air pegunungan dan gemercik suara air terjun serta suara alam yang kental membuat kamu semakin merasakan suasana yang damai ketika berada di air terjun ini.

Air Terjun Pancur Aji memiliki ketinggian sekitar empat sampai lima meter. Namun aliran air di air terjun sangat deras, maka kamu akan merasakan sensasi yang berbeda ketika kamu berada di sekitar lokasi air terjun.

Sejarah Air Terjun Pancur Aji

Konon jaman dahulu lokasi ini merupakan tempat persembunyian dari Bujang Melaka saat membentengi diri dari kejaran musuh. Kawasan Air Terjun Pancur Aji ini cukup strategis karena posisinya berada di ujung kota dan terdapat bukit dinding batu yang terjal serta ditopang oleh Sungai Kapuas, sehingga dapat menghambat majunya angkutan air yang memudiki Sungai Kapuas. Hal inilah yang membuat Kerajaan Sanggau menggunakan lokasi ini sebagai benteng pada zaman dahulu.

Sumber : Instagram @afny.rahmawati

Di Bagian atas air terjun ini ditemukan sisa-sisa sejarah dari Benteng Pancur Aji yang terbentang pada dataran bukit dalam bentuk galian yang memiliki ukuran 10x10 meter. Dibagian belakang diperkirakan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan perbekalan dan merupakan pusat benteng Kerajaan Sanggau, tempat ini berukuran 4 x 4 meter.

Dahulu musuh tidak bisa menyerang kota karena terdapat benteng dengan rantai besi milik Kerajaan Sanggau yang menjadi penghalang untuk benteng ini.

Lokasi Wisata Air Terjun Pancur Aji

Sumber : Instagram @maria_dwiarun

Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan kawasan objek wisata ini karena kawasan ini berada di Kecamatan Kapuas, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat. Kawasan ini berjarak sekitar 6 kilometer dari Kota Sanggau. Jika kamu berangkat dari Jalan Raya Pontianak, maka waktu yang akan kamu tempuh kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan. Sudah terdapat beberapa petunjuk untuk menuju ke lokasi wisata. Kamu harus berhati-hati karena akses jalan untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup menantang, namun kamu tidak akan bosan karena pemandangan alam di sekitar jalan sangat indah.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Di lokasi objek wisata ini sudah terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti kamar mandi, gazebo dan tempat duduk. Di lokasi wisata juga sudah tersedia jalur tracking berupa jalan setapak. Harga tiket untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Pancur Aji ini cukup murah, kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar 2500 untuk dewasa dan 1500 untuk anak-anak, kamu juga akan dikenakan biaya parkir mulai dari 2500 - 5000. Cukup murah bukan?

Bagi beberapa orang yang menyukai hal yang menantang untuk mencapai ke sebuah lokasi wisata, maka air terjun ini sangat cocok untuk dikunjungi. Jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

 

Original Artikel Oktaviana Devi

Artikel Original Hanya Milik Wisato

Sumber : Wisato.id


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355