PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Air Terjun Gunung Sumpit, Buah Karya Tuhan di Kalimantan Barat

24 Jun 2020

Dilihat : 181

Air Terjun Gunung Sumpit, Buah Karya Tuhan di Kalimantan Barat

Rumahkomunitas.com - Pesona alam yang mempesona adalah bukti dari kebesaran Tuhan. Alam yang indah dengan berbagai keunikan yang ada di dalamnya membuat bumi pertiwi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak wisatawan mancanegara.

Sumber : wisatasekadau.blogspot.com

Air terjun merupakan sebuah kombinasi dari batuan besar yang dialiri oleh aliran air yang mengalir diantara batuan besar tersebut. Deras dan jernihnya air seakan menjadi ciri khas dari sebuah air terjun. Banyaknya batu-batuan dan pepohonan yang ada di sekitar air terjun membuat air terjun terlihat sangat indah.

Kondisi alam yang masih alami dan asri juga membuat suasana di sekitar air terjun terasa sejuk dan dingin. Adanya pepohonan di sekeliling air terjun mampu menghasilkan oksigen dan oksigen tersebut memenuhi udara di sekitar air terjun, sehingga hawanya menjadi sangat sejuk.

Jauh Lebih Dalam Dengan Air Terjun Gunung Sumpit

Lokasi air terjun ini berada di Desa Sumpit, Kec. Belitang Hilir, Kab. Sekadau. Jarak yang ditempuh untuk menuju lokasi wisata ini dari Sungai Ayak adalah sejauh 15 kilometer. Karena lokasi air terjun ini jauh dari pusat kota, maka lokasi wisata air terjun ini sangat tersembunyi. Perjalanan dapat kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Sumber : website suarapemredkalbar.com

Ketinggian air terjun ini sekitar 50 meter. Keunikan dari air terjun adalah pada dinding bagian tepi air terjun. Pada dinding bagian tepi terdapat gua yang menjorok ke dalam, gua ini disebut dengan nama Gua Ratu Kudung.

Konon dulunya gua ini digunakan sebagai tempat bertapanya Ratu Kudung dari Kerajaan Sekadan. Usut punya usut, kalo kamu menelusuri gua ini, maka kamu akan sampai ke Goa Lawang Kuari. Bagi kamu yang menyukai caving, maka Gua Ratu Kudung ini sangat cocok buat kamu. Goa ini akan menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang berjiwa petualang.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000,- dan biaya parkir sebesar Rp. 5000,-.

Untuk kamu yang berniat mengunjungi lokasi wisata ini, maka diharapkan membawa bekal yang cukup karena daerah ini cukup jauh dari rumah makan ataupun warung jualan. Meskipun wisata alam ini sangat tersembunyi, namun keindahan air terjun ini sangat mempesona dan membuat kamu betah berlama-lama berada di lokasi wisata ini.

Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata

Akses jalan yang digunakan untuk menuju ke Air Terjun Gunung Sumpit ini cukup baik. Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat, maka kendaraan kamu hanya bisa sampai pada persimpangan jalan untuk menuju ke lokasi air terjun.

Sumber : Youtube Madah Sekadau

Namun jika kamu menggunakan sepeda motor, maka kamu dapat langsung menuju lokasi air terjun karena memang lokasi air terjun ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki.

Jika kamu berangkat dari ibukota Kabupaten Sekadau, maka akan membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam untuk menuju lokasi wisata ini. Jaraknya kurang lebih 58 kilometer dari kota Sekadau atau 24 kilometer dari Pusat Kecamatan Belitang Hilir.

Kamu bisa menggunakan jalur alternatif dari Seberang Kapuas, Kec. Sekadau Hilir yang memiliki jarak lebih yang lebih dekat yaitu sekitar 30 kilometer. Perjalanan ini akan memakan waktu hingga 1 jam.

Kondisi Sekitar Air Terjun

Kondisi di sekitar air terjun ini sudah cukup baik karena sudah dibangun beberapa buah saung dan sarana sanitasi untuk pengunjung. Pepohonan besar yang berada di sekitar lokasi air terjun membuat suasana menjadi sangat sejuk.

Sumber : website jurnalpatrolinews.co.id

Menurut salah satu pengunjung Air Terjun Gunung Sumpit, dia mengatakan bahwa air terjun ini ramai dikunjungi pengunjung pada hari libur. Pada hari-hari biasa air terjun ini tidak mendapat banyak pengunjung. Menurut beberapa wisatawan yang berkunjung, Air Terjun Gunung Sumpit akan semakin ramai dengan pengunjung apabila dikelola dengan baik.

Jika menyukai kondisi wisata yang sepi, maka kamu bisa mengambi cuti dan mengunjungi air terjun ini pada hari biasa. Karena pada hari biasa air terjun ini sangat sepi dan tidak ramai pengunjung.

Rahasia dari tempat wisata yang indah bukan hanya dari keindahan alam yang tercipta, namun penduduk dan warga di sekitar lokasi wisata yang turut merawat dan melestarikan sebuah tempat wisata juga membuat keadaan alam sekitar semakin bersih dan terawat, sehingga sebuah lokasi wisata dapat terkelola dengan baik. Nikmati keindahanya dan abadikan momennya.

Original Artikel Oktaviana Devi

Artikel Original Hanya Milik Wisato

Sumber : Wisato.id


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340