PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

Air Terjun Cuci Kain, Air Terjun Dengan Flora yang Beragam

22 Jun 2020

Dilihat : 429

Air Terjun Cuci Kain, Air Terjun Dengan Flora yang Beragam

Rumahkomunitas.com - Potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Sekadau memang masih banyak yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Padahal beberapa tempat wisata yang dimiliki oleh wilayah ini cukup memiliki daya tarik bagi para wisatawan. Apalagi jika beberapa wisata dikelola dengan baik, pasti akan menjadi salah wisata alam terfavorit.

Sumber : Instagram @sifrx90_nekadtravlr

Salah satu potensi wisata yang ada di Kabupaten Sekadau adalah sebuah air terjun yang terdapat di Desa Tembaga. Kec. Nanga Mahap. Bahkan desa ini juga memiliki dua air terjun sekaligus yaitu Air Terjun Entugun dan Air Terjun Cuci Kain.

Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah Air Terjun Cuci Kain. Mungkin nama dari "Air Terjun Cuci Kain" terdengar lucu bagi beberapa orang. Namun ternyata air terjun ini menyimpan keindahan alam yang mempesona.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai Air Terjun Cuci Kain yang berada di Sekadau.

Kisah Dibalik Nama "Air Terjun Cuci Kain"

Ternyata ada kisah menarik dibalik nama Air Terjun Cuci Kain. Dahulu terdapat seorang gadis berambut panjang yang mencuci kain, gadis itu menarik perhatian banyak lelaki.

Sumber : Instagram @pendaki_kalimantan

Namun seketika gadis pencuci kain itupun hilang bersama dengan salah satu teman lelaki yang menyapanya. Namun meskipun memiliki kisah misteri, Air Terjun Cuci Kain tetap memiliki pesona yang luar biasa indahnya.

Sumber : Instagram @yusuf_badriansyah

Harga Tiket dan Jam Buka Air Terjun Cuci Kain

Biasanya harga tiket yang ditentukan untuk masuk ke tempat wisata berbeda-beda. Pengelola wisata juga biasanya memberikan harga khusus ketika hari libur tiba.

Untuk memasuki lokasi wisata Air Terjun Cuci Kain, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- / orang. Biaya tersebut berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Harga yang diberikan oleh pengelola cukup terjangkau kok Guys.

Kamu bisa mengunjungi Air Terjun Cuci Kain kapan saja, karena wisata alam ini buka 24 jam.

Daya Tarik Air Terjun Cuci Kain

Saat kamu sampai di lokasi Air Terjun Cuci Kain, maka kamu akan merasakan suasana sejuk. Keadaan di sekitar lokasi air terjun juga sangat bersih, wajar saja karena air terjun ini masih sangat alami.

Keindahan Air Terjun Cuci Kain memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat menarik minat para wisatawan agar tertarik berkunjung ke lokasi ini.

Sumber : Instagram @ariefmirmanda

Air Terjun Cuci Kain juga memiliki banyak variasi pemandangan dengan lingkungan yang masih indah dan asri.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Air Terjun Cuci Kain terdapat pada jenis floranya yang beraneka ragam. Salah satu flora yang tumbuh di sekitar air terjun adalah jamur Scleroderma spp. Jamur ini tumbuh subur di lokasi Air Terjun Cuci Kain dan biasanya tumbuh di musim hujan. Selain itu terdapat tanaman Kantong Semar dan Pohon Serawak.

Cara Menuju ke Air Terjun Cuci Kain

Kamu bisa menuju ke Air Terjun Cuci Kain dengan mudah. Kamu bisa mencari lokasinya melalui Google Maps. Kamu bisa mencarinya dengan mengetikkan nama "Air Terjun Cuci Kain" pada Google Maps. Jika kamu tidak menemukannya, maka kamu bisa mencarinya dengan nama "Desa Tembaga". Dari Desa Tembaga sudah terdapat banyak petunjuk arah untuk menuju ke lokasi Air Terjun Cuci Kain.

Di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun, kamu akan melalui jalanan beton dan jembatan gantung. Lebih baik kamu menggunakan kendaraan roda 2 agar tidak kerepotan saat menuju ke lokasi wisata. Kondisi jalan yang masih berbatu juga akan menyulitkan kamu untuk menuju ke lokasi.

Sumber : Instagram @sintang.bagak

Setelah sampai di lokasi parkir, kamu harus berjalan sejauh 500 meter untuk sampai ke lokasi air terjun. Jalan yang dilalui untuk menuju ke lokasi air terjun sangat sulit. Air terjun ini juga sangat direkomendasikan bagi para pecinta alam.

Ternyata kawasan Air Terjun Cuci Kain ini ternyata masuk ke dalam kawasan hutan lindung, jadi wajar jika masyarakat sekitar sangat menjaga kelestariannya ai terjun ini.

Meskipun menempuh perjalanan yang tidak mudah. Namun pesona keindahan yang ada akan membayar kelelahan kamu. Jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya ya Guys. Selamat berlibur.


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340