PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

7 Wisata Favorit Di Garut yang Cocok Dikunjungi Saat Liburan

02 Mar 2020

Dilihat : 303

7 Wisata Favorit Di Garut yang Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Rumahkomunitas.com - Kamu hobby travelling? Atau ingin mengunjungi salah satu daerah di Jawa Barat yaitu Garut? Garut merupakan salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Garut terletak tidak jauh dari Bandung, beberapa wisata di Kota Garut juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang mau mengisi liburan.

Akses menuju Garut dari Kota Bandung kurang lebih memakan waktu hingga 2 jam, jika kamu berangkat dari Jakarta, maka kamu bisa mencapai Garut melalui tol Cipularang.

Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Garut yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung di Garut.

Gunung Guntur

Gunung Guntur bisa menjadi salah satu alternatif wisata buat kamu yang menyukai tantangan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.249 meter di atas permukaan laut dan merupakan sebuah gunung berapi yang dulunya aktif pada tahun 1800-an di Pulau Jawa.

Ciri khas dari Gunung Guntur adalah memiliki banyak pasir, sehingga tanaman tidak banyak tumbuh di sekitar gunung ini.

Di beberapa area hanya terdapat rumput liar dan jika dilihat akan terlihat seperti savana. Di bagian atas hanya terdapat tanaman kantilever yang tumbuh. Selain tanaman kantilever pohon pinus juga banyak tumbuh di gunung ini.

Lembah Kancak

Lembah kancak merupakan wisata populer yang biasa disebut Karacak Valley, lokasi dari wisata ini terletak di Jl. Karacak Valley, Kota Garut. Lebih tepatnya tempat wisata ini berada di perbatasan Kelurahan Margawati dan Kelurahan Sukalenga.

Umumnya wisata ini merupakan hutan pinus dan kebun kopi yang memiliki luas keseluruhan 92 hektar, namun hanya 190 hektar yang digunakan untuk tempat wisata.

Di lokasi ini terdapat air terjun / sebuah curug yang bernama Curug Ngebul, sangat cocok buat kamu yang suka bermain air. Selain itu di dalam lokasi ini juga terdapat wisata puncak yaitu Puncak Dogar.

Di Puncak Dogar kamu bisa melihat Gunung Cikuray dan lanskap daerah Garut dengan jelas. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berkemah juga bisa berkemah di Lembah Karacak ini.

Leuwi Jurig

Di dalam bahasa indonesia wisata ini bernama “Kolam Setan”. Lokasi wisata ini berada di Desa Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kota Garut. Meskipun namanya terdengar menyeramkan namun kenyataanya wisata ini memiliki panorama yang sangat indah.

Sebenarnya tempat ini bernama asli Leuwi Rumpit yang berarti “Kolam Bertebing” dengan warna airnya yang hijau kebiruan dan memiliki air yang jernih.

Sekilas tempat ini mirip dengan Grand canyon yang berada di Amerika Serikat, karena terdapat tebing berbatu dengan warna air biru kehijauan.

Kebun Mawar Situhapa

Kamu pernah mengunjungi Kampung Sampireun? Jika sudah pernah, maka lokasi Kebun Mawar Situhapa ini tidak jauh dari Kampung Sampireun. Letaknya kurang lebih 1 kilometer setelah Kampung Sampireun.

Kebun Mawar yang sangat luas ini bisa kamu nikmati, karena suasana di lokasi wisata ini juga sangat sejuk, hal ini juga karena daerah Garut memang terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki udara yang sejuk.

Di Kebun Mawar Situhapa juga terdapat restoran yang bisa kamu gunakan untuk makan bersama dengan keluarga. Lebih baik kamu mengunjungi kebun ini pada musim hujan, karena tanaman akan terlihat lebih segar dan lebih banyak yang berbunga.

Curug Sanghyang Taraje

Curug atau air terjun sanghyang taraje terletak di kecamatan Pakenjeng Garut. Tempatnya cukup jauh lokasi tempat wisata ini cukup jauh dari pusat kota Garut, kamu juga akan sedikit lebih tertantang jika menuju ke lokasi air terjun, karena medan untuk menuju ke lokasi tidak mudah.

Curug Sang Hyang Taraje merupakan sebuah air terjun unik yang memiliki dua air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar dan tinggi. Jika kamu seseorang yang sangat menyukai tantangan, maka air terjun ini cocok menjadi destinasi wisata kamu.

Pantai Taman Manalusu

Lokasi Pantai Taman Manalusu terletak sejauh 12 kilometer dari Pantai Santolo. Pantai ini berada di Kecamatan Cikelet. Pantai Manalusu merupakan sebuah pantai yang jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga suasana di pantai ini masih asri dan alami.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah berlokasi di Desa Sagara, Kec. Cibalong, Garut. Pantai ini masih sangat sepi namun memiliki pemandangan yang indah. Letak pantai tidak begitu jauh dari Pameungpeuk.

Semua objek wisata pantai di daerah Garut letaknya berdekatan satu sama lain lho dan semuanya bisa dilewati melalui jalur pantai selatan, akses jalannya pun cukup mudah.

Namun kamu harus berhati-hati ya, karena beberapa pantai selatan Jawa Barat ini memiliki arus dan ombak yang cukup besar pada waktu-waktu tertentu. Pastikan kamu memperhatikan beberapa hal jika ingin berenang di salah satu pantai di Garut ini.

Memang Garut memiliki wisata yang sangat banyak dan belum banyak terekspos, hal ini karena Garut memang memiliki banyak objek wisata yang beragam dan banyak jenis. Kamu tidak boleh melewatkan wisata-wisata terbaik yang ada di Garut. Sebelum berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk merencanakan segala sesuatu jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk berwisata di salah satu objek wisata di Garut

 

Referensi :

https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-garut/

https://www.idntimes.com/travel/destination/riyan-sumarno/tempat-wisata-garut-c1c2/full

 





04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355