PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

6 Makanan Khas Bangka Belitung Yang Bikin Ketagihan

31 Mar 2020

Dilihat : 315

6 Makanan Khas Bangka Belitung Yang Bikin Ketagihan

Rumahkomunitas.com - Bangka Belitung memiliki banyak makanan khas yang sangat lezat, tentu beberapa makanan ini tidak boleh kamu lewatkan saat kamu berkunjung ke Bangka Belitung. Selain dikenal memiliki ragam destinasi wisata favorit, Bangka Belitung ternyata juga memiliki aneka hidangan favorit. Wilayah ini semakin dikenal karena adegan dalam film Laskar Pelangi berada di Bangka Belitung.

Wisata alam yang ada di Bangka Belitung sangat indah, makanan khasnya pun memiliki cita rasa yang sangat unik, sekali lagi kamu harus mencobanya ya Guys. Kuliner di Bangka Belitung ini memiliki cita rasa yang tidak akan kamu temui pada kuliner lain. Makanan khas di Bangka belitung ini di dominasi oleh seafood dengan kombinasi cita rasa Tionghoa dan Melayu.

Berikut ini merupakan beberapa ulasan mengenai makanan khas yang ada di Bangka belitung.

Kecalo

Kecalo merupakan udang rebon yang difermentasi bersama dengan garam, sehingga menghasilkan cita rasa yang asin. Kecalo biasanya menjadi salah satu campuran untuk membuat sambal, sehingga terdapat cita rasa pedas dan asin. Kecalo sering dihiangkan warga Bangka Belitung sebagai pelengkap untuk lalapan atau cocolan. Kecalo biasa ditambahkan pada telur yang digoreng.

Sambalingkung

Sambalingkung bisa dibilang sama seperti abon atau serundeng yang dibuat dari ikan santan kelapa dan rempah-rempah. Sambalingkung biasanya disajikan pada saat momen hari raya lebaran atau idul adha atau untuk jamuan pada acara tertentu. Sambalingkung sangan nikmat dijadikan lauk atau isian roti dan kue. Sambalingkung bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh disaat kamu berkunjung ke Bangka Belitung.

Bakmi Bangka

Bakmi Bangka merupakan salah satu makanan khas dari sekian banyak makanan khas yang ada di Bangka Belitung. Masakan ini sering dikenal dengan nama Mien di pulau asalnya dan merupakan makanan khas Khek.

Biasanya Mie bangka disajikan dengan potongan babi, ayam kecap, baso ikan, tahu, dan seafood. Bakmi bangka akan terasa nimmat jika dipadukan dengan saus cabai pedas khas pulau Bangka.

Lakso Bangka

Bangka Belitung memiliki hidangan lakso yang sangat khas. Lakso adalah makanan yang merupakan perpaduan dari masakan Melayu dan Tionghoa. Lakso terdiri dari mie putih yang berbahan dasar sagu dan tepug beras. Adonan mie yang dibentuk menyerupai mie dan dicetak dalam bentuk bulatan yang kenyal.

Mie ini disantap bersama dengan serpihan daging dan siraman kuah santan kuning. Awalnya Lakso adalah masakan khas Melayu Bangka yang berupa kuah santan. Orang Tionghoa Bangka Belitung menyempurnakan hidangan ini dengan menambahkan mie putih kenyal.

Belacan

Belacan khas bangka belitung ini terbuat dari seafood seperti ikan atau udang yang sudah difermentasi. Pada dasarnya belacan ini hampir sama dengan terasi yang ada di pulau Jawa. Perbedaan dari terasi atau belacan dari bangka belitung ini bisa dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuatnya dan juga cara pengolahannya. Belacan memiliki waktu fermentasi lebih singkat jika dibandingkan dengan terasi, makanya warna dari Belacan ini lebih cerah daripada terasi.

Belacan dapat digunakan sebagai bumbu untuk aneka jenis makanan. Masa penyimpanan yang tahan lama membuat belacan cocok sebagai oleh-oleh saat kamu berkunjung dari Bangka Belitung.

Rusip

Rusip merupakan makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan teri yang sudah difermentasikan dalam guci yang sudah diberi garam, kemudian ditambah gula jawa sebagai perasa. Rusip juga sering dikenal sebagai pilihan oleh-oleh khas dari Pulau Bangka.

Makanan khas di Bangka Belitung memang beraneka ragam. Kamu bisa mencicipi beberapa olahan unik ketika kamu berkunjung ke Bangka Belitung. Kamu juga bisa membawa beberapa makanan khas sebagai oleh-oleh setelah kamu berlibur atau sekedar berkunjung ke Bangka Belitung.

Referensi : 

https://hot.liputan6.com/read/4062584/10-makanan-khas-bangka-belitung-kaya-cita-rasa-yang-menggoyang-lidah


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340