PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

5 Makanan Khas Papua Yang Bikin Ketagihan

16 Mar 2020

Dilihat : 286

5 Makanan Khas Papua Yang Bikin Ketagihan

Rumahkomunitas.com - Kali ini kita akan membahas 5 makanan khas yang ada di Indonesia Timur tepatnya di Papua. Kebanyakan makanan dari Papua ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Papua merupakan pulau dengan luas 810 ribu kilometer persegi dan memiliki beberapa ragam makanan khas yang terbuat dari sagu. Beberapa orang yang tidak biasa memakan sagu , mungkin akan menganggap makanan khas dari Papua ini terasa tidak enak.

Sebenarnya bukan sagu aja sih yang menjadi makanan pokok penduduk Papua. Jika kamu berkesempatan untuk mendatangi beberapa kota yang berada di Papua, maka jangan sampai melewatkan salah satu kuliner khas yang dimiliki oleh masing-masing kota yang ada di wilayah Indonesia Bagian Timur.

Mari kita bahas kelima makanan khas yang ada di Papua, simak ulasan berikut ini ya Guys.

Ikan Bakar Manokwari

Kuliner ini berbahan dasar ikan tongkol dan disajikan secara unik. Tempat lain biasanya menyajikannya dengan bumbu kecap, ikan bakar ini disajikan bersama dengan rempah yang digiling kasar. Jadi ikan tersebut diberi perasan jeruk nipis kemudian dibakar. Sesudah itu, ikan diletakkan di piring saji dan diberi bumbu. Makanan ini sangat lezat jika dimakan bersama dengan nasi putih hangat.

Di Manokwari, menu ini terkenal memiliki cita rasa pedas yang sangat nikmat karena menggunakan cabai khas Kota Injil.

Sagu Lempeng

Di antara semua kuliner diatas, makanan ini merupakan makanan yang sangat identik dengan Papua. Makanan ini memiliki bentuk seperti persegi panjang dan memiliki warna merah kecoklatan. Apabila kamu menggigit makanan ini, maka akan terasa bahwa makanan ini memiliki tekstur yang sangat keras hampir sama dengan kue bagea. Hal ini karena makanan ini terbuat dari tepung sagu yang dicetak dengan menggunakan besi yang kemudian dipanggang.

Proses pemanasan yang dilakukan bisa mengurangi kadar air, sehingga mampu menghambat pertumbuhan jamur dan mikroba. Karena hal itulah kue ini mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Keripik Keladi

Makanan khas Papua ini berasal dari Kota Sorong. Makanan ini terbuat dari Keladi, yang merupakan umbi yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang di Kota Sorong. Keripik Keladi ini menawarkan beberapa cita rasa yaitu manis, pedas dan gurih. Hingga saat ini keripik ini semakin memiliki banyak variasi, sehingga orang tidak gampang bosan dengan keripik ini. Kripik Keladi tersedia di beberapa toko di sekitar wilayah Papua.

Udang Selingkuh

Kok nama dari makanan khas yang satu ini agak aneh ya Guys. Makanan ini disebut udang selingkuh karena bentuk badannya mirip udang tapi capitnya mirip kepiting. Jadi karena hal inilah udang ini dinamakan udang selingkuh.

Udang yang satu ini sangat populer di daerah Wamena, Papua Barat. biasanya udang ini digoreng, direbus, atau dibakar. Kamu bisa mengolahnya sesuai dengan selera kamu ya Guys. Kalo kamu berkunjung ke Wamena, maka jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dari Wamena ini.

Kue Lontar

Kue lontar ini bentuknya mirip dengan pie susu atau cheese cake. Kue Lontar ini menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak kalangan lho. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh sehabis kamu berlibur ke Papua.

Jajanan khas ini dibuat dengan bahan dasar telur yang mirip dengan pie susu dari Bali. Kue ini biasanya dibuat dalam jumlah yang sangat banyak pada hari raya Natal atau Lebaran.

Cukup unik ya nama dari beberapa makanan khas ini. jangan lupa mencicipi beberapa makanan khas yang sudah diulas, jika kamu berkunjung ke daerah Papua.

Referensi :

https://masfikr.com/makanan-khas-papua-yang-unik-dan-bikin-kamu-penasaran/

 


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6281222086355