PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

5 Makanan Khas Dayak

30 Apr 2020

Dilihat : 1573

5 Makanan Khas Dayak

Rumahkomunitas.com - Dayak merupakan salah satu suku yang ada di Nusantara. Suku dayak berada di Kalimantan dan terkenal dengak kebudayaannya yang sangat kaya dan bervariasi. Dayak terdiri dari 200 lebih suku bangsa yang membentang dari Kalimantan Barat hingga Malaysia.

Dayak kaya akan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Dayak. Tidak hanya dilihat dari kekayaan tradisi namun juga kesenian dan kuliner yang sangat beragam berada di dayak.

Kamu harus tahu jika di Suku Dayak memiliki banyak makanan khas yang sangat menggoda selera. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas yang ada di Dayak yang harus kamu coba. Berikut ini beberapa daftarnya.

Juhu Singkah

Juhu Singkah merupakan salah satu makanan khas Dayak yang pertama. Bahan utama dari makanan khas ini adalah rotan muda. Rotan muda ini diolah bersama-sama dengan ikan biasanya yang diolah adalah ikan Baung, terong asam dan dilengkapi dengan rempah dan juga santan.

Sensasi rasa pahit yang ada di makanan ini berasal dari rotan muda, namun meskipun pahit jika dilolah dengan benar makanan ini mampu menghadirkan rasa gurih. Juhu Singkah paling sedap jika disajikan dengan nasi hangat yang sangat panas.

Sayur Umbut Kelapa

Makanan ini memiliki bahan dasar yang tidak kalah unik dengan makanan lain, kuliner khas Dayak ini memiliki bahan dasar umbut atau yang sering dikenal dengan bonggol dari pohon kelapa yang masih muda. Setelah pohon kelapa yang masih muda ditebang, bonggolnya kemudian diambil dan dimasak bersama dengan campuran ikan atau daging bersama dengan bumbu kuah. Makanan khas dayak yang satu ini sangat susah sekali ditemukan loh Guys.

Kue Dange

Kue dange merupakan salah satu kue khas yang ada di dayak yang cukup populer. Makanan khas Dayak ini dibuat dari olehan kelapa yang sudah diparut dicampur dengan tepung dan juga gula. Makanan khas Dayak yang satu ini kerap kali disajikan pada saat ada acara-acara tertentu. Namun kamu bisa menemukan makanan khas ini dengan mudah di sekitaran jalan yang ada di Dayak Kalimantan.

Kalumpe

Kuliner khas Dayak yang satu ini berbahan dasar daun singkong yang diberi nama Kalumpe. Bagi masyarakat Dayak Maanyan makanan khas ini lebih dikenal dengan nama Karuang.

Makanan khas ini diolah dengan menumbuk daun singkong bersama dengan bumbu sebelum kemudian dimasak bersama dengan terong kecil atau terong pipit. Umumnya makanan khas ini sering disajikan dengan sambel terasi dan juga ikan asin sebagai lauk pendamping nasi.

Bangamat

Di dalam bahasa Dayak Ngaju, kuliner khas Dayak ini sering dikenal dengan nama Bangamat. Namun di dalam bahasa Dayak Maanyan sering disebut dengan Paing. Masakan khas Dayak ini tidak kalah unik dengan kuliner dayak yang lain karena bahan utamanya berupa kalong atau kelelawar besar.

Itulah beberapa masakan dan makanan khas yang ada di Dayak. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencicipi salah satu makanan khas nya? kamu yang suka sensasi makan yang berbeda, maka kamu harus mencoba Juhu Singkah yang memiliki rasa pahit namun gurih. Juhu Singkah cocok buat kamu yang suka dengan sensasi pahit namun gurih. Kamu juga bisa meminta resep masakan Juhu Singkah agar bisa mengolahnya di rumah. Jika berkunjung ke Dayak kamu juga harus mencoba Kue Dange karena rasanya sangat nikmat.


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340