PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

5 Destinasi Wisata di Ciamis yang Masih Sangat Alami

06 Mar 2020

Dilihat : 519

5 Destinasi Wisata di Ciamis yang Masih Sangat Alami

Rumahkomunitas.com - Ciamis merupakan sebuah kabupaten yang ada di Jawa Barat. Keindahan alam yang mempesona memang menjadi kelebihan Provinsi Jawa Barat. Selain memiliki banyak ragam budaya, namun pesona alam yang masih alami menjadi daya tarik Provinsi Jawa Barat. Tidak hanya itu, namun tradisi dari nenek moyang pun masih sangat dijaga dengan erat oleh masyarakat Jawa Barat.

Suhu udara di Ciamis berkisar antara 20 – 30 derajat, suhu ini memang cukup tinggi, ini dikarenakan lokasi Ciamis berdekatan dengan banyak pantai.

Ciamis memang memiliki banyak wisata alam menarik yang masih belum terjamah oleh masyarakat luas. Mari kita ulas beberapa wisata alam terbaik yang ada di Ciamis. Daripada penasaran langsung aja simak ulasan berikut.

Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta merupakan salah satu desa wisata yang ada di Ciamis. Objek wisata ini berada di Desa Karangpaninggal, Tambaksari, Ciamis.

Kampung adat ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang masih melestarikan dan mempertahankan kebiasaan adat sejak zaman dahulu hingga sekarang. Kebiasaan adat yang masih dilestarikan di desa adat inilah yang menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke desa adat ini.

Bagi kamu yang penasaran dan pengen berkunjung ke desa adat ini, maka kamu harus bersiap-siap jauh-jauh hari karena letak desa ini berada di sekitar tebing perbukitan dengan lembah yang curam. Sehingga pastinya kamu akan menempuh perjalanan yang tidak mudah.

Asal nama Kuta dari Desa Kuta berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti Pagar Tembok. ini sangat berkaitan dengan sebuah cerita yang berkembang di masyarakat bahwa dulunya kampung ini berdiri karena berkaitan dengan kerajaan Galuh. Dulunya kampung ini akan dijadikan ibukota kerajaan Galuh namun tidak jadi.

Karena masyarakat Kampung Adat Kuta masih memegang tradisi, maka kondisi alam di sekitar desa masih sangat bersih dan asri.

Situ Lengkong Panjalu

Ciamis memang memiliki banyak wisata alam yang masih alami dan asri. Bagaimana tidak, salah satu wisata alam di Ciamis yaitu Situ Lengkong Panjalu memiliki kondisi alam yang baik dan masih sangat alami. Situ Lengkong Panjalu berada di Kecamatan Panjalu dan berada di ketinggian 70 mdpl.

Danau ini memiliki keunikan yaitu memiliki kedalaman 4-6 meter dan terdapat pulau yang dinamakan Nusa Gede atau Nusa Larang. Kondisi alam yang masih asri membuat wisatawan yang berkunjung betah berada di lokasi wisata.

Ciung Wanara

Kerajaan Galuh memang tidak bisa terlepas dari Kabupaten Ciamis. Karena menurut masyarakat Ciamis, Kota Ciamis berdiri karena Kerajaan Galuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa di kota Ciamis ditemukan banyak peninggalan zaman Kerajaan Galuh termasuk salah satunya adalah Situs Karangmuyan atau yang sering disebut dengan nama Ciung Wanara.

Kamu perlu tahu bahwa Ciung Wanara merupakan sebuah situs purbakala serta arkeologi yang berlokasi di Desa Karangmulyan, Cijeungjing, Ciamis. Ciung Wanara merupakan situs yang bercorak Budha-Hindu yang merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Galuh.

Cagar Alam Pananjung

Tempat wisata Cagar Alam Pananjung berada di sekitar Pantai Pangandaran. Wisata alam ini memiliki banyak flora dan fauna yang hidup bebas di cagar alam ini. Jenis flora yang terdapat di cagar alam ini diantaranya adalah merong, pohon kondang, kisegel dan masih banyak lagi.

Jenis fauna yang ada di cagar alam ini antara lain banteng, kalong, lutung, tando, rusa, landak dan masih banak lagi. Di cagar alam ini juga terdapat banyak jenis burung maupun reptil.

Di sekitar Cagar Alam Pananjung juga terdapat banyak wisata alam, salah satunya Gua Lanang. Jadi selain berkunjung ke cagar alam ini, kamu juga bisa berkunjung di beberap wisata yang ada di sekitar Cagar Alam Pananjung.

Curug Tujuh Cibolang

Kamu yang bosan dengan suasana perkotaan yang padat, lebih baik kamu mengunjungi salah satu curug yang ada di Ciamis yaitu Curug Tujuh Cibolang. Curug ini berada di ketinggian 800-900 mdpl. Karena letaknya di dataran tinggi, maka suasan di sekitar curug sangat tenang dan damai. Silahkan berkunjung ke curug ini.

Perpaduan antara curug dan suasana hutan yang masih sangat alami membuat pemandangan alam di sekitar lokasi semakin mempesona. Kamu tidak perlu khawatir karena banyak fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjung Curug Tujuh Cibolang.

Pasti diantara kamu yang menyukai wisata alam dengan keindahan alam yang alami, sangat tertarik untuk berkunjung ke salah satu wisata alam yang ada di Ciamis ini. hal ini dikarenakan beberapa wisata di Ciamis masih sangat alami.

Bagaimana? Kamu sudah siap untuk berlibur kesini?. Semoga rekomendasi ini bermanfaat bagi kamu yang akan berkunjung ke Ciamis.


04 41 30
Jam Menit Detik
Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340