Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

10 Manfaat Dari Chia Seeds Makanan Organik Untuk Kesehatan

11 May 2020

Dilihat : 122

10 Manfaat Dari Chia Seeds Makanan Organik Untuk Kesehatan

Rumahkomunitas.com - Apakah kamu pernah mendengar nama chia seeds? Chia seeds merupakan biji-bijian yang jarang terdengar atau cukup asing di telinga sebagian orang. Chia seeds merupakan biji hitam kecil yang berasal dari tumbuhan Salvia Hispanica.

Dan ternyata lumayan banyak lho yang mengkonsumsi biji chia, beberapa orang yang mengkonsumsi biji chia ini biasanya mereka yang menerapkan pola hidup sehat. Meskipun ukuran biji ini sangat kecil, namun chia seeds terbukti kaya akan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Selain banyak nutrisi, namun chia seeds juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut laporan yang diberikan oleh Medical News Today, biji chia mengandung omega 3, antioksidan, kalsium, zat besi dan serat. Semua kandungan yang dimiliki biji chia ini tentu sangat diperlukan oleh tubuh.

Namun meskipun memiliki banyak manfaat, chia seeds tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Menurut laporan the US Dietary Gidelines, biji chia seeds tidak boleh dikonsumsi diatas takaran yang sudah ditentukan, yaitu diatas 48 gram per hari.

Beberapa manfaat bisi chia seeds jarang dikeahui oleh banyak orang, namun berikut ini adalah manfaat biji chia seeds bagi kesehatan.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Selain memiiki manfaat untuk kesehatan tubuh, biji chia juga bisa bermanfaat bagi kecantikan, terutama kecantikan kulit. Manfaat biji chia untuk kulit adalah untuk mencegah penuaan dini. Chia seed bisa membantu mengurangi gejala penuaan seperti keriput, perubahan warna pada kulit, garis halus, bintik hitam dan lain sebagainya.

Selain bermanfaat untuk mengurangi gejala penuaan, kandungan omega 3 yang ada pada chia seed juga mampu meningkatkan sirkulasi, mengurangi kekeringan dan peradangan pada kulit. Menurut sebuah penelitian di Manchaster, kandungan omega 3 pada biji chia mampu melindungi kulit dari sinar radiasi dan sinar UV.

Mencegah Penyakit Kanker

Chia seed dapat mencegah dan melawan sel kanker. Hal ini karena di dalam biji chia mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Kamu bisa mengkonsumsi biji chia secara rutin setiap hari untuk mencegah sel kanker yang akan tumbuh di dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi biji chia bersama dengan buah-buahan dan sayuran. Karena buah dan sayuran juga mengandung antioksidan yang tinggi untuk melawan berbagai bakteri penyebab penyakit.

Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Di dalam biji chia terkandung kalsium, kalium, magnesium dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Kandungan yang terdapat di dalam biji chia terbukti dapat meningkatkan kekuatan sendi dan otot. Jika kamu rutin mengkonsumsi biji chia, maka otot dan sendi akan terpelihara dengan baik.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa jika kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti biji chia, maka kamu akan beruntung. Karena biji chia dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kamu harus mengkonsumsi biji chia secara rutin, karena biji chia dipercaya sebagai salah satu cara efektif untuk memperbaiki asupan kalsium untuk gigi dan tulang.

Selain meningkatkan kesehatan tulang, biji chia mengandung senyawa yang berfungsi menjaga gigi dan tulang tetap sehat dan kuat. Biji chia juga mengandung banyak fosfor, yaitu mineral yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

Mengatasi Kolesterol Jahat

Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada biji chia ternyata dapat menurunkan kolesterol lho guys. Karena ternyata asam lemak omega 3 itu mengandung lemak monounsaturated yang terbukti mampu menurunkan kolesterol.

Ternyata hal ini sudah dibuktikan melalui beberapa studi kasus yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi chia seed, maka kolesterol kamu akan normal sehingga tubuh kamu terbebas dari lemak jahat.

Menambah Energi

Jika kamu memiliki segudang aktivitas yang padat, maka mengkonsumsi biji chia secara rutin adalah pilihan yang tepat. Karena di dalam biji chia terkandung vitamin B, magnesium dan zat besi yang dapat membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Setelah melakukan aktivitas yang padat tentunya tubuh kamu memerlukan sumber energi, maka dengan mengkonsumsi biji chia tubuh kamu akan penuh dengan energi.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Selain kaya akan omega 3, biji chia juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan terbilang sangat tinggi, sehingga mampu melancarkan pencernaan dan alhasil berat badan pun bisa turun dengan cepat.

Biji chia ternyata terbukti dapat membantu mengeluarkan sisa makanan agar tidak terlalu lama berada di dalam tubuh. Sebab, sisa makanan akan membuat lemak menumpuk dan menyebabkan berat badan bertambah dengan drastis.

Sebuah studi yang dilakukan di Brasil mengatakan bahwa biji chia bisa membantu mengurangi lemak. Protein yang terkandung di dalam biji chia mampu membuat perut menjadi kenyang dan tidak mudah lapar. Perut kamu akan terasa kenyang terus guys. Tidak heran jika biji chia ini kerap kali dijadikan menu andalan bagi mereka yang sedang menerapkan progam diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Jika kamu memiliki beberapa masalah pada rambut, misalnya aja rambut rontok, maka biji chia cocok banget buat kamu konsumsi. Terdapat kandungan vitamin E yang tinggi pada biji chia, kandungan ini berfungsi sebagai stimulan yang dapat membantu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh termasuk pada kulit kepala.

Jika sirkulasi darah pada kulit meningkat, maka pertumbuhan rambut pun akan menjadi cepat.

Bisa Bikin Tidur Kamu Nyenyak

Ternyata masih banyak banget lho manfaat dari biji chia ini. Biji chia mengandung triptofan yang tinggi, kandungan triptofan terbukti bisa membantu tidur menjadi lebih rileks dan santai.

Ternyata kandungan omega 3 yang ada pada biji chia mempu mengurangi stress pada tubuh. Sehingga kalo kamu mengkonsumsi biji chia secara rutin, kamu bakalan lebih rileks dan jarang banget ngalamin susah tidur.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega 3 yang ada pada biji chia juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Omega 3 juga mengurangi produksi trigliserida, mengurangi resiko detak jantung tidak teratur dan dapat menurunkan tekanan darah.

Sumber Protein dan Cegah Hipotiroid

Di dalam Biji chia ternyata juga terkandung protein sebanyak 19%, dengan kandungan protein yang tinggi, maka biji chia bisa mengatasi perut yang lapar dan mempertahankan rasa kenyang.

Kandungan protein dan asam amino pada biji chia juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Hipotiroid terjadi saat tubuh kamu kekurangan kadar hormon tiroid. Hormon ini sangat penting karena berpengaruh pada seluruh organ dan sel-sel pada tubuh. Chia seed dipercaya mampu menambah kadar hormon tiroid secara alami karena mengandung omega 3.

Bagaimana pendapat kamu tentang chia seeds? Ternyata banyak banget kan khasiat dan manfaat yang dimiliki biji chia? Apalagi dengan banyaknya kandungan gizi yang ada pada biji chia. Pasti ngebuat kamu pengen buru-buru mengkonsumsi biji chia kan? Kamu bisa menambahkan biji chia pada salad buah dan minuman kesukaan kamu. Jangan ragu untuk mengkonsumsi biji chia ya.


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6285722433332