PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

10 Khasiat Alami Timun Suri Untuk Ibu Hamil

11 May 2020

Dilihat : 2042

10 Khasiat Alami Timun Suri Untuk Ibu Hamil

Rumahkomunitas.com - Kehamilan merupakan sebuah fase yang dinanti-nantikan oleh pasangan suami isteri. Karena pada fase hamil para wanita merasakan secara langsung pertumbuhan janin yang mereka kandung.

Para wanita yang sedang hamil pasti merasakan berbagai macam keluhan mulai dari sakit pinggang, mual hingga posisi tidur yang tidak nyaman. Namun semua itu akan terbayar ketika sang buah hati lahir ke dunia. Supaya janin yang dikandung tetap dalam keadaan sehat, maka ibu hamil harus menjaga pola makan dan menerapkan pola hidup sehat.

Timun suri termasuk buah dalam jenis labu. Timun suri dalam bahasa latin bernama Cucurbitaceae. Buah kuning dengan bentuk lonjong ini ternyata cukup dikenal akrab oleh masyarakat Indonesia. Ternyata timun suri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan khususnya bagi wanita yang sedang mengandung.

Timun suri yang segar ini mengandung aneka zat bergizi antara lain, fluktosa, glukosa, vitamin C, vitamin A, potasium, asam linolear, saponin, kalium, magnesium dan masih banyak lagi. Dengan kandungan gizi yang melimpah, maka ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi buah timun suri.

Penasaran dengan timun suri dan manfaat apa saja yang dimiliki timun suri? Mari kita bahas lebih lanjut.

Sumber Antioksidan

ibu hamil terkadang rentan terkena bakteri dan virus atau terkontaminasi zat polutan yang berbahaya. Maka dari itu tubuh Mama perlu mandapatkan pelindung yang bisa menangkal segala macam bakteri dan virus. Hal ini bertujuan agar kesehatan Mama dan janin dapat terjaga dengan baik.

Timun suri ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai seumber antioksidan bagi tubuh. Kandungan magnesium, kalium, Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin C bisa dimanfaatkan untuk tubuh Mama saat sedang hamil, kandungan tersebut bisa menangkal radikal bebas yang sangat membahayakan bagi tubuh Mama dan bisa berpotensi mengganggu perkembangan janin di dalam perut Mama.

Menjaga Agar tekanan Darah Tetap Stabil

Ibu hamil perlu melakukan pengecekan terhadap tekanan darah secara berkala. Karena tekanan darah yang terlalu tinggi dan terlalu rendah bisa sangat berbahaya bagi Mama dan janin di dalam kandungan.

Dengan mengkonsumsi timun suri, maka tekanan darah akan terjaga dan stabil, ini disebabkan karena di dalam timun suri terdapat kandungan potasium, magnesium, saponin, dan asam linoleat.

Selain menjaga tekanan darah tetap stabil namun timun suri bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kondisi darah dan kolesterol yang stabil dan normal akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung Mama saat fase hamil berlangsung terutama menjelang persalinan.

Cocok Bagi Penderita Diabetes

Bagi para Mama yang memiliki riwayat penyakit diabetes, maka perlu ekstra hati-hati di dalam memilih minuman dan makanan yang akan dikonsumsi. Kamu harus memperhatikan betul nutrisi yang terkandung pada setiap makanan yang akan dimakan.

Buah timun suri merupakan buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil yang menderita diabetes. Kandungan karbohidrat yang ada di dalam timun suri mampu mengontrol kadar gula di dalam tubuh karena timun suri termasuk ke dalam golongan karbohidrat normal.

Mencegah Dehidrasi

Di dalam buah timun suri terkandung 96% air, hal ini dapat membantu mencegah dehidrasi pada ibu hamil yang mengkonsumsi timun suri. Ibu hamil sangat disarankan memperoleh banyak cairan agar kondisi ibu hamil dan janin menjadi sehat. Jadi ibu hamil perlu mengkonsumsi timun suri setiap hari karena timun suri merupakan pilihan yang tepat untuk masuk ke dalam salah satu buah yang bisa dikonsumsi terus-menerus oleh ibu hamil.

Namun selain mengkonsumsi buah timun suri, kamu juga harus meminum air putih setiap hari agar tubuh kamu tidak kekurangan cairan.

Dapat Melancarkan Pencernaan di Dalam Tubuh

Sudah bukan rahasia umum lagi jika seorang ibu hamil mengalami sembelit. Tentu hal ini membuat perut Mama menjadi tidak nyaman. Dengan mengkonsumsi timun suri, maka kondisi pencernaan ibuĀ  hamil akan menjadi normal. Kandungan air yang ada di dalam timun suri tergolong banyak, sehingga pencernaan dapat terpelihara dengan baik.

Mampu Membuat Kondisi Otak Janin Menjadi Sehat

Janin yang tengah berkembang di dalam rahim Mama pasti membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Nutrisi ini tidak hanya diperoleh dari mengkonsumsi vitamin prenatal , namun juga dari apa yang Mama makan dan minum sehari-hari.

Mengkonsumsi buah timun suri dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak janin jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Mama juga harus mengimbangi asupan gizi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran agar pertumbuhan janin menjadi maksimal.

Mampu Memelihara Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Beberapa ibu hamil pasti mudah terserang flu. Hal ini diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh mereka kurang terjaga, sehingga ibu hamil mudah terserang penyakit.

Kamu harus memperbanyak mengkonsumsi buah timun suri untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang ada pada timun suri bisa membantu memelihara sistem imunitas pada tubuh Mama, sehingga tubuh menjadi tahan banting dan tidak mudah sakit.

Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Di dalam masa kehamilan pasti Mama mudah mengeluh tentang rasa pegal, sakit punggung dan nyeri pinggang. Semua itu diakibatkan karena hormon kehamilan yang ada di dalam tubuh Mama yang terus beradaptasi dengan perut dan bobot janin yang kian bertambah.

Olahraga yang ringan bisa membantu Mama untuk mengurangi beberapa keluhan yang dirasakan. Selain itu, Mama juga bisa menyantap timun suri, karena buah timun suri mengandung banyak senyawa positif yang dapat membantu kesehatan tulang, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, kalsium dan asam folat.

Sementara kandungan silika di dalam timun suri membantu tubuh Mama agar tetap sehat.

Mencegah Penuaan

Salah satu manfaat tambahan yang dapat diperoleh jika kamu mengkonsumsi timun suri adalah dapat membantu mencegah penuaan dini yang tentu sangat tidak disukai oleh setiap wanita. Agar tubuh tidak mengalami penuaan yang cepat, maka kamu bisa mengkonsumsi timun suri secara rutin.

Ciri-ciri wajah yang mengalami penuaan adalah terdapat kerutan di wajah, maka dari itu kamu harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Karena antioksidan dapat membantu mencegah penuaan dini.

Membantu Memperbaiki Suasana Hati

Ternyata kandungan vitamin B yang ada di dalam timun suri bisa meningkatkan mood. Buah timun suri ini ternyata juga mampu membantu meredakan perasaan cemas dan mampu mencegah stress. Biasanya ibu hamil sering mengalami kecemasan, maka kamu harus mengkonsumsi timun suri agar mood kamu stabil dan suasana hati menjadi lebih tenang.

Ternyata banyak banget ya Moms kandungan yang terdapat dalam timun suri. Kamu bisa mengkonsumsi buah timun suri secara rutin untuk menjaga kesehatan kamu dan buah hati yang dikandung. Kamu bisa mencampurkan timun suri dengan buah-buahan lain untuk dikonsumsi, biasanya orang-orang mengolah timun suri menjadi sop buah. Agar kondisi kamu menjadi sehat, maka kamu juga perlu melakukan olahraga ringan di dalam rumah. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka hidup akan terasa menyenangkan.


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340