PELOPOR MERCHANDISE INOVATIF DI INDONESIA

Konfirmasi Pembayaran

Lainnya

Tentang Kami

10 Kebiasaan Positif Ini Menjadikan Mental Kamu Menjadi Sehat dan Kuat

10 May 2020

Dilihat : 625

10 Kebiasaan Positif Ini Menjadikan Mental Kamu Menjadi Sehat dan Kuat

Rumahkomunitas.com - Sebagian orang memiliki pola hidup yang tidak teratur karena emosi negatif yang berlebihan. Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak bisa mengendalikan emosi. Emosi negatif yang berlebihan menyebabkan mental menjadi tidak sehat. Tentu emosi negatif yang tiba-tiba muncul sering tidak bisa dihindari, karena dalam beberapa kesempatan pasti setiap manusia selalu mengalami hal yang membuat emosi mereka tidak bisa dikendalikan.

Hubungan yang tidak harmonis dengan rekan kerja, hubungan asmara yang buruk hingga ketidakharmonisan yang terjadi di dalam keluarga, hal tersebut kerap kali menimbulkan stres.

Namun jika kamu memiliki mental yang sehat dan kuat maka kamu akan bisa menghadapi beberapa situasi sulit yang kamu alami. Memang kedengaran memiliki mental yang kuat itu gampang, namun kamu harus berjuang dan memiliki pendirian yang teguh untuk memiliki mental yang sehat dan kuat.

Ada beberapa kebiasaan positif yang bisa membuat mental kamu menjadi sehat dan kuat. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kesehatan mental.

Dengan Cara Berdamai Dalam menghadapi Tantangan

Semakin kamu takut dengan suatu hal, maka kamu semakin memiliki banyak alasan untuk tidak melakukannya. Hanya dengan cara menghadapi ketakutan, maka kamu bisa menyadari bahwa kamu bisa melangkah keluar dari zona nyaman.

Mungkin saja kamu takut berada di keramaian karena kamu tidak nyaman jika berada di tengah-tengah orang banyak. Atau mungkin kamu takut untuk tampil di depan orang banyak karena kurangnya percaya diri. Apapun ketakutan yang kamu miliki, kamu harus ingat satu hal bahwa semua tantangan itu bisa dihadapi dengan beberapa latihan-latihan. Kamu harus meluangkan waktu untuk mengasah kepercayaan diri kamu, agar kamu bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak bisa kamu lakukan.

Coba Mulai Bersyukur

Mental yang sehat ditandai dengan seseorang yang selalu mensyukuri hidup dan tidak pernah iri dengan orang lain. sebenarnya mensyukuri hidup merupakan perang yang berkepanjangan selama hidup di dunia ini. Biasanya beberapa orang cenderung mengabaikan fakta bahwa hidup yang kita miliki cukup beruntung dibandingkan orang lain.

Bersyukur merupakan hal yang sangat penting. Bersyukur dengan apa yang kamu miliki, tanpa terobsesi dengan apa yang dimiliki orang lain akan menjadikan mental kamu menjadi sehat dan kuat. Kehidupan ini tidak ada yang sempurna, akan jauh lebih baik bila menjalani hidup yang ada dengan penuh rasa syukur daripada terlalu fokus terhadap hidup orang lain, yang akan membuat kita menjadi orang yang tidak pernah merasa puas. Hidup terlalu singkat untuk dipenuhi dengan rasa penyesalan.

Olahraga Dengan Teratur

Olahraga yang teratur tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, namun juga baik untuk kesehatan mental. Dampak dari olahraga terhadap kesehatan mental ini sangat besar. Ketika kamu melakukan kegiatan olehraga, maka tubuh akan mengeluarkan perasaan euforia dan kamu akan merasa sehat. Itulah mengapa olahraga sangat disarankan untuk beberapa orang yang menderita penyakit depresi dan bagi beberapa orang yang selalu merasa cemas.

Berolahraga hingga mengeluarkan keringat merupakan salah satu cara untuk melepaskan stres. Tentukan tujuanmu dan fokus pada tujuan. Jika kamu bisa berolahraga basket selama 1 jam, maka lakukan hingga 2 jam. Hal ini mungkin akan sedikit sulit, namun jika manfaat yang diberikan cukup banyak, maka kamu harus mencobanya.

Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif rupanya dapat membawa banyak kebaikan. Bukan hanya bagi diri kita sendiri, namun juga bagi orang lain di sekitar kita. Dengan kamu berpikir positif, maka rasa cemas berlebihan yang kamu rasakan akan dapat berkurang.

Pikiran positif akan menimbulkan rasa percaya diri, membuat diri semakin produktif dan mampu memberikan rasa tenang. Jadi kamu harus mencoba berpikir positif setiap hari jika ingin memperoleh banyak manfaat dari olahraga.

Ibadah

Ibadah merupakan komunikasi antara manusia dengan Tuhan. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, maka kamu akan merasa tenang. Kegelisahan yang kamu rasakan seakan sirna ketika kamu beribadah kepada Tuhan.

Dengan beribadah juga pikiran akan menjadi lebih positif, bahagia dan kamu akan menjadi lebih semangat. Secara psikologis, ibadah memang sangat cocok dijadikan mediator di dalam merelaksasikan dan menentramkan otak dan pikiran. Mental juga akan menjadi sehat dengan ketenangan pikiran yang dimiliki.

Tidur yang Cukup

Selain pola makan yang harus diperhatikan, namun pola tidur yang cukup juga memiliki peranan penting di dalam kesehatan mental. Sama seperti rasa lapar ternyata rasa kantuk juga bisa menyebabkan banyak hal negatif.

Jika kamu kurang tidur, maka kamu akan menjadi cepat marah, sulit berkonsentrasi, dan sensitif. Semua hal itu akan dialami beberapa orang yang kurang memiliki waktu tidur yang cukup. Banyak penyakit juga mudah menyerang seseorang yang tidak memiliki jam tidur yang cukup. Beberapa penyakit tersebut antara lain maag, demam, flu dan masih banyak lagi.

Pola Makan Teratur

Pola makan yang teratur ternyata juga memberi dampak yang besar terhadap kesehatan mental. Sarapan bisa memberikan banyak dampak positif terhadap seseorang termasuk mengurangi rasa cemas dan stress. Jika seseorang selalu telat makan, maka akan berpengaruh negatif terhadap kesehatan jiwa maupun raga seseorang. Rasa lapar dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah marah dan emosi.

Menarik Nafas

Sebenarnya hal ini terlihat sepele karena semua orang bisa melakukannya. Namun ternyata mengambil nafas dalam-dalam akan membantu menenangkan pikiran seseorang yang sedang stress. Hal ini sangat mengejutkan bukan? Saat berada di dalam situasi yang penuh tekanan dan emosi, maka kamu bisa mengambil nafas dalam-dalam. Tekanan darah kamu pun akan menurun dan suplai oksigen di otak akan meningkat.

Kebiasaan sederhana ini ternyata sangat efektif dan akan mengendalikan kamu dari emosi negatif yang berlebihan dan tidak terkendali. Tentu dengan melakukan hal ini di saat-saat tersulit, mental kamu akan menjadi sehat dan kuat.

Bersikap Optimis

Optimisme merupakan salah satu sikap positif yang perlu diterapkan oleh semua orang. Sikap optimis ini menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang menjadi sukses, optimisme membuat kamu bisa melihat banyak peluang dalam menghadapi segala permasalahan yang ada. Bersikap optimis bisa menjauhkan diri dari pikiran negatif yang akan memicu stress. Dengan berpikir optimis, maka kamu otomatis juga akan berpikir positif dan mental kamu juga akan menjadi sehat.

Rekreasi

Berlibur bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi stress setelah sibuk beraktifitas. Dengan pergi ke suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi, maka pengalaman kamu akan bertambah, kamu juga bisa memperluas jaringan sosial dan mental kamu pun akan menjadi semakin sehat.

Mental yang sehat dan kuat merupakan dambaan banyak orang. Beberapa hal mungkin akan membuat kamu stress. Namun dengan melakukan beberapa hal yang sudah diulas diatas, maka mental dan jiwa kamu akan menjadi sehat dan kuat.


Logo Rumah Komunitas
Chat With 6282116579340